Breaking News:

PPKM Diperpanjang

Suka TaK Suka PPKM Tetap Diperpanjang, Nih Syarat Baru Perjalanan Transportasi, Wajib Lakukan Ini

Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2,3 dan 4

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Penumpang yang turun dari kereta api di Stasiun Cirebon, Jalan Inspeksi, Kota Cirebon, Selasa (20/7/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2,3 dan 4 di Jawa-Bali hingga  20 September 2021.

Dengan diperpanjangnya PPKM ini, maka aturan perjalanan menggunakan transportasi udara, kereta api, darat dan laut  harus mengikuti Instruksi Menteri Dalam Negeri(Mendagri)  No 42 Tahun 2021.

Dalam Instruksi Mendagri ada salah satu aturan terkait syarat melakukan perjalanan dengan moda transportasi, berikut aturannya:

1. Seluruh pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19, minimal dosis pertama.

2. Untuk penumpang pesawat terbang wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil maksimal dua hari sebelum keberangkatan.

3. Untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api dan kapal laut wajib menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil satu hari sebelum keberangkatan.

4. Aturan perjalanan di atas hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa-Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi seperti wilayah Jabodetabek.

5. Kemudian di wilayah Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 4 transportasi umum seperti angkutan massal, taksi konvensional maupun online, dan kendaraan sewa atau  rental kapasitasnya dibatasi maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

6. Sementara itu untuk di wilayah level 3 kapasitas kendaraan dibatasi maksimal 70 persen. Sementara, pada wilayah level 2 diizinkan beroperasi dengan kapasitas 100 persen.

Kebijakan PPKM ini bukanlah hal baru, karena sudah berlangsung sejak Juli 2021 dan terus diperpanjang hingga saat  ini.

Tentunya kebijakan ini bukan tanpa alasan, mengingat kasus Covid-19 di Jawa-Bali masih ada peningkatan. Mengutip dari laman situs Satgas Covid-19 pada Selasa (14/9/2021) terdapat tambahan 2.577 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved