Breaking News:

Baru 7 Objek Wisata di Daerah PPKM Level 3 di Jabar yang Bisa Buka, yang Lain Jangan Suuzon

nantinya ujicoba pembukaan objek wisata tersebut akan dilakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan.

Editor: Machmud Mubarok
(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Taman Safari Bogor merupakan satu di antara 20 objek wisata di Jawa yang bisa ujicoba buka pada masa PPKM Level 3. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Sebanyak 20 objek wisata di daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Pulau Jawa diizinkan untuk melakukan ujicoba membuka operasional, termasuk yang ada di Jawa Barat.

Hal tersebut sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali yang ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian pada 6 September 2021 lalu.

"Dimulai dari 20 lokasi, dan akan terus dievaluasi. Harapannya, tentu kita akan sosialisasi pada masyarakat dan akan kita pantau," ujar Menparekraf, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Dusun Bambu, Kamis (9/9/2021) malam. 

Sandiaga mengatakan, jika masyarakat tetap patuh terhadap penerapan protokol kesehatan dan kasus Covid-19 menunjukan angka grafik yang menurun, pihaknya memastikan akan menambah lagi objek wisata yang diizinkan ujicoba dibuka.

Baca juga: Datang ke Majalengka, Sandiaga Uno Beri Pesan ke Pelaku Pariwisata

Baca juga: Siap Beroperasi Kembali, Tempat Wisata di Jabar Akan Jadi Sentra Vaksinasi

Sementara bagi objek wisata yang belum diizinkan untuk dibuka, pihaknya meminta ada kesadaran dari pengelola dan masyarakat karena untuk saat ini konsepnya baru sekedar ujicoba saja.

"Di tengah pandemi ini kita harapkan jangan bersuudzon, tapi khusnudzon. Ini (ujicoba buka wisata) dengan niatan yang baik," katanya.

Dengan demikian, kata Sandiaga, nantinya ujicoba pembukaan objek wisata tersebut akan dilakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan.

Untuk di Jawa Barat sendiri objek wisata yang diizinkan untuk ujicoba pembukaan itu baru Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo.

Sementara di DKI Jakarta yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, lalu Jawa Tengah ada Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, dan Taman Satwa Taru Jurug.

Sedangkan objek wisata di Yogyakarta TWC Ratu Boko, Taman Pintar, dan Watu Lumbung Culture Resort. Kemudian Jawa Timur yaitu Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua.

"Jadi daftar (20 wisata) tersebut setelah kami melakukan program verifikasi dari segi potensi diterapkannya protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, integrasi Peduli Lindungi serta sertifikasi CHSE," ucap Sandiaga.

Dengan demikian, kata Sandiaga, terpilihlah 20 objek wisata yang diizinkan untuk melakukan ujicoba pembukaan tersebut termasuk yang ada di sejumlah kabupaten kota di daerah Jawa Barat.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved