Breaking News:

Pengeringan Bendung Rentang Jatitujuh Majalengka Batal Digelar Besok, Ini Penyebabnya

pengeringan atau pembersihan lumpur di dua saluran induk Sindupraja dan Cipelang setiap tahunnya biasa dilakukan setiap bulan September.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Situasi Bendung Rentang Jatitujuh pasca dikeringkan, Senin (12/10/2020)1 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pengeringan (pemeliharaan) tahunan Bendung Rentang di Jatitujuh, Kabupaten Majalengka yang semula dijadwalkan pada 9 September 2021 diperkirakan bakal mundur.

Hal itu, sehubungan masih adanya areal pertanian yang usia tanamnya baru mencapai 60 harian di wilayah Cirebon dan Indramayu.

Pengeringan diperkirakan baru akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Setelah semua areal tanaman padi di dua wilayah tersebut selesai dipanen atau mendekati musim panen agar tidak menganggu pengairan sawah.

Pengelola Bendung Rentang, Dadi Supriadi mengatakan, pengeringan atau pembersihan lumpur di dua saluran induk Sindupraja dan Cipelang setiap tahunnya biasa dilakukan setiap bulan September.

“Sekarang masih menunggu hasil rapat untuk validasi data di masing-masing wilayah, mana yang sudah panen dan wilayah mana yang belum, berapa usia tanamannya untuk memastikan keamanan kondisi tanaman. Karena data kemarin di beberapa wilayah usia tanaman baru 60 harian ,” ujar Dadi saat dikonfirmasi, Rabu (8/9/2021).

Baca juga: WARNING, Air Kiriman dari Hulu Meningkat, Status Bendung Rentang Jatitujuh Majalengka Waspada

Menurutnya, pengeringan biasanya dilakukan selama kurang lebih satu bulanan.

Pihaknya belum bisa memastikan saluran mana yang lebih dulu dikeringkan apakah Sindupraja atau Cipelang.

Sementara, musim kemarau tahun ini kondisi air di kawasan Bendung Rentang masih stabil dan bisa memenuhi kebutuhan pengairan di Indramayu ataupun Cirebon serta sebagian kecil Kabupaten Majalengka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved