Breaking News:

Pantas Taliban Kesulitan Taklukkan Panjshir, Ternyata Begini Cara Anti-Taliban Pertahankan Wilayah

Taliban mengumumkan bahwa mereka meraih kemenangan atas Lembah Panjshir dari genggaman kelompok perlawanan Afghanistan.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
AFP
Pejuang Taliban duduk di atas kendaraan di sebuah jalan di Provinsi Laghman, Afghanistan, Minggu (15/8/2021) 

TRIBUNCIREBON.COM- Taliban mengumumkan bahwa mereka meraih kemenangan atas Lembah Panjshir dari genggaman kelompok perlawanan Afghanistan.

Sumber milisi berkoar mereka telah mendapatkan kendali atas Panjshir, klaim yang direspons bantahan dari resistensi.

Juru bicara milisi Bilal Karimi mengatakan, distrik Khinj dan Unabah sudah jatuh ke tangan mereka. Membuat mereka menguasai empat dari tujuh distrik di Panjshir.

"Para mujahidin kini tengah bergerak maju ke pusat (provinsi)," kata dia di Twitter seperti diberitakan Sky News Sabtu (4/9/2021).

Selain itu, Badan bantuan Italia Emergency, yang mengelola rumah sakit di Panjshir, menyebut milisi sudah mencapai desa Anabah.

"Dalam beberapa hari terakhir, banyak orang sudah melarikan diri dari desa," kata Emergency dalam rilisnya Sabtu (4/9/2021).

Selama bertahun-tahun, Panjshir dianggap sebagai daerah kuat yang berhasil mengusir Uni Soviet dan Taliban saat periode pertama kekuasaan, di 1996-2001.

Apa yang membuat Lembah Panjshir sulit dikuasai Taliban?

Melansir The Indian Express (21 Agustus 2021), Lembah Panjshir adalah sisa terakhir Afghanistan di mana pasukan anti-Taliban membentuk gerakan gerilya untuk menghadapi kelompok itu.

Setelah Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan dengan cepat, Lembah Panjshir di utara adalah tempat terakhir yang mungkin menawarkan perlawanan nyata terhadap Taliban.

Halaman
123
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved