Breaking News:

Setelah CT Scan Wanita yang Tak Bisa Tidur Selama 7 Tahun di KBB Juga Minta Ditangani Psikolog

pihaknya juga menyarankan agar pasien dibawa lagi ke RSUD Cikalongwetan untuk ditangani oleh psikiater agar masalah psikologisnya terkoreksi

Editor: Mumu Mujahidin
Tribun Jabar
Cucu saat berbaring lemah karena tak bisa tidur selama 7 tahun 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Cucu (45), Warga Kampung Warung Jati, RT 02/10, Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang tidak bisa tidur selama 7 tahun sudah menjalani serangkaian pemeriksaan medis. 

Dokter spesialis jiwa RSUD Cikalongwetan dr Zulfitriani SpKJ mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap pasien ini yakni pemeriksaan fisik seperti CT Scan karena menjadi langkah penting untuk menangani masalah sulit tidur

"Kalau hasil pemeriksaan fisik dari hasil CT Scannya baik dan tidak ada masalah. Semoga hasil pemeriksaannya baik karena memang dalam menangani masalah tidur ini harus disingkirkan dulu masalah fisiknya," ujarnya saat dihubungi, Jumat (3/9/2021).

Cucu saat berbaring lemah karena tak bisa tidur selama 7 tahun
Cucu saat berbaring lemah karena tak bisa tidur selama 7 tahun (Tribun Jabar)

Kendati demikian, pihaknya juga menyarankan agar pasien dibawa lagi ke RSUD Cikalongwetan untuk ditangani oleh psikiater agar masalah psikologisnya terkoreksi dengan baik, karena sampai saat ini gangguan tidurnya belum terkoreksi.

"Nantinya pasien bakal menjalani assessment untuk mengetahui kondisinya, apalagi yang bersangkutan sebelumnya mengaku mengalami ketergantungan akan obat," kata Zulfitriani.

Selain itu, kata dia, pasien juga dianjurkan ke RSUD tersebut untuk dianalisa lebih lanjut dan akan diberikan psikoedukasi dan terapi obat.

Untuk pemberian obat, sebagai psikiater pihaknya memastikan jika obat yang bakal diberikan pada seorang pasien tentunya sesuai dengan dosis terapi sehingga tidak bakal menyebabkan ketergantungan karena akan terus dipantau dosisnya oleh dokter.

"Klien saat mengatakan ketergantungan itu adalah stigma karena pasien diberikan obat sesuai," ucapnya.

Sementara untuk mencapai kategori sembuh, kata dia, pasien ini harus melewati fase stabilisasi obat dulu, sehingga keluhan berkurang dan bahkan tidak dirasakan lagi, tetapi hal ini harus dengan kontrol pengobatan yang teratur.

Baca juga: Warga Bandung Barat Ini Tak Bisa Tidur 7 Tahun, Sudah Menjalani CT Scan, Ternyata Begini Hasilnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved