Breaking News:

Bendung Cipurut Punya Potensi Jadi Objek Wisata, Ketua DPRD Kuningan Segera Koordinasi dengan Pemda

Bendung Cipurut yang berada di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kuningan Jawa Barat, dinilai memiliki tata ruang bagus

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Bendung Cipurut yang berada di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kuningan Jawa Barat, menjadi lokasi mancing mania dadakan dalam rangka HUT ke-76 RI dan Hari Jadi ke 523 Kuningan, Jumat (3/9/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Bendung Cipurut yang berada di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kuningan Jawa Barat, dinilai memiliki tata ruang bagus, sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi destinasi wisata.

"Selain sebagai tempat mancing umum, bagi masyarakat. Saya melihat bahwa Bendung Cipurut ini memiliki nilai positif untuk jadi destinasi wisata," ungkap Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy di sela kegiatan Mancing Mania Dadak di lokasi setempat, Jum'at (3/9/2021).

Zul, sapaan akrab Ketua DPRD Kuningan ini, segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya alam sebagai destinasi wisata.

"Insya Allah dalam waktu dekat, ini akan menjadi pekerjaan kami untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Tujuannya, tidak lain meningkatkan sektor alam sebagai objek wisata yang memiliki nilai baik terhadap peningkatan ekonomi warga setempat," ungkapannya.

Baca juga: Hari Jadi ke-523 Kuningan, Warga Kelahiran September Gratis Masuk Objek Wisata, Cukup Tunjukkan KTP

Baca juga: 5 Objek Wisata Paling Ngehits di Majalengka, Pas untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Berdasarkan keterangan warga setempat, Nono menyebut bahwa Bendung Cipurut ini tidak pernah kering atau tidak ada airnya. "Ya meski musim kemarau berkepanjangan, volume air di bendung ini tetap ada," katanya.

Pasokan air, kata dia berasal dari lokasi hulu. Di sana terdapat sejumlah mata air dan keberadaan bendungan ini tepat di bawa kaki Gunung Ciremai.

"Untuk mendapatkan air hingga banyak seperti itu, ini dari banyak mata air di daerah hulu. Apalagi waktu daerah kami termasuk bendungan ini berada di bawah Gunung Ciremai," ujarnya.

Bendung Cipurut ini memiliki pintu air, yang menurut Nono, untuk pengatur kebutuhan melalui irigasi bagi lahan pertanian warga. "Fungsi pintu air itu jelas sebagai pengatur pasokan air untuk kebutuhan lahan pertanian," katanya. (*) 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved