Breaking News:

Beredar Isu Ada Honor Pemakaman Covid-19 untuk Bupati dan Sekda, Pemkab Majalengka Tanggapi Begini

Hangatnya isu honor pemakaman jenazah Covid-19 yang diterima oleh Bupati Jember, Jawa Timur ditanggapi langsung oleh Sekda Majalengka, Eman Suherman

Penulis: Eki Yulianto | Editor: dedy herdiana
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Sekda Majalengka Eman Suherman 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBOM.COM, MAJALENGKA - Hangatnya isu honor pemakaman jenazah Covid-19 yang diterima oleh Bupati Jember, Jawa Timur ditanggapi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Majalengka, Eman Suherman, Selasa (1/9/2021).

Saat ditemui di halaman Gedung Pendopo, Eman mengaku hal itu tidak akan terjadi di lingkungan pemerintah kota angin ini.

Pasalnya, selama merumuskan suatu anggaran dalam penanganan Covid-19, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu angkanya.

Baca juga: Bocah di Majalengka Ini Senang Dapat Uang dari Polisi, Runtai: Nanti Akan Dikasihkan Ke Emak

"Kalau di kita mah Alhamdulillah ya, kita ini sangat ketat pada penganggaran karena setiap anggaran yang diajukan oleh temen-temen, katakan lah dari BPBD untuk penanganan Covid-19 termasuk salah satunya untuk penanganan yang meninggal itukan di review dulu masuk logika apa tidak," ujar Eman kepada wartawan, Selasa (1/9/2021).

Ia pun menyebut, tidak setuju jika Bupati, Sekda yang tidak turun langsung dalam pemakaman jenazah Covid-19 mendapatkan honor.

Honor pemakaman jenazah Covid-19 lebih cocok diberikan kepada petugas di lapangan.

"Masa bupati, Sekda tidak ke lapangan harus ada honor pemakaman, honor pemakaman itu bagi mereka yang melakukan tindakan di lapangan, makanya di Majalengka dipastikan tidak ada untuk itu," ucapnya.

Lebih jauh Eman menyampaikan, selama ini, pihaknya menganggarkan honor para pekerja pemulasaran jenazah Covid-19 itu senilai Rp 100 per orang.

Nominal tersebut ia pastikan tak ada yang ditujukan kepada Bupati maupun Sekda.

"Jadi tidak ada lah, jadi jangan sampai kondisi seperti saat ini malah ada niatan yang berlebihan yang mengakibatkan rusaknya anggaran kita. Saya yakin tidak ada untuk seperti itu," jelas dia.

Sekadar informasi, Panitia Khusus (Pansus) Penanganan Covid-19 DPRD Jember menemukan data bahwa pembayaran honor untuk petugas pemakaman pasien Covid-19 juga diberikan kepada Bupati Hendy Siswanto dan tiga pejabat Pemkab Jember lainnya.

Nilai total yang mereka terima mencapai Rp 282 Juta.

Pengamat Kebijakan Publik daerah setempat bahkan sampai mempertanyakan honor yang diberikan kepada pejabat sebagai tim pemakaman jenazah pasien Covid-19 tersebut.

Menurut pengamat, penerimaan honor dengan nilai fantastis itu mencerminkan perilaku para pejabat tersebut tidak bisa dibenarkan.

Baca juga: LIVE STREAMING Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Kuningan di Kuningan

Baca juga: Keluar dari Bandara di Cirebon Presiden Jokowi Langsung Disambut Teriakan dan Lambaian Tangan Warga

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved