Breaking News:

Mau Dikunjungi Presiden Jokowi, Kawasan Belakang Ponpes Miftahul Fallah Kuningan Malah Terbakar

Kebakaran terjadi di kebun bambu milik warga Desa Ciloa yang beralamat belakang Pondok Pesantren Miftahul Fallah Ciliwo

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Dokumen Humas UPT Damkar Kuningan
Petugas pemadam kebakaran Kuningan berhasil memadamkan kobaran api di sekitar kawasan Pondok Pesantren Miftahul Fallah Desa Ciliwo, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan, Senin (31/8/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Kebakaran terjadi di kebun bambu milik warga Desa Ciloa yang beralamat belakang Pondok Pesantren Miftahul Fallah Desa cCiliwo, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan, Senin (30/8/2021) sore. Pondok Pesantren itu rencananya akan dikunjungi Presiden Jokowi, Selasa (31/8/2021).

"Mengenai kronologi kejadian, sekitar pukul 15.00 WIB informasi dari atas nama  Babinsa Desa Ciloa (anggota Koramil Jalaksana) sedang berada di Pos Pampres dalam rangka pengamanan kunjungan Presiden RI ke Yayasan Ponpres Miftahul Fallah Desa Ciloa melihat kepulan asap dari arah timur Ponpres Miftahul Fallah kemudian melaporkan kejadian Kebakaran Kebun Bambu tersebut langsung Ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kuningan.

Atas laporan kejadian dimaksud, 1 Randis Damkar , 6 orang anggota Dari Regu 3 /piket, berangkat menuju lokasi pada pukul 15.05 dan tiba dilokasi kebakaran pukul 15. 00 WIB (10 menit).  Kemudian api berhasil dipadamkan pada pukul 16.00 wib (45 menit)," ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi.

Baca juga: Ubah Jadwal Kunjungan, Presiden Jokowi Batal Ke Perumahan Warga Eks Desa Miliarder, Ini Kata Kades

Baca juga: Jelang Kunjungan Kerja Jokowi ke Desa Kawungsari Kuningan, Malah Ada Warga Positif Covid-19

Mengenai penyebab kebakaran diduga ada orang yang sengaja membakar ilalang yang ada di kebun tersebut dan meninggalkannya.

"Sementara untuk diketahui batas wilayah TKP. Sebelah barat itu Ponpres Yayasan Miftahul Fallah, sebelah timur itu Kebun /lahan milik warga dan Sebelah utara ada Kebun milik warga serta di sebelah selatan ada Kebun lahan milik warga lainnya," katanya.

Baca juga: Bupati Kuningan Bocorkan Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi Besok di Kuningan, Ini Jadwalnya

Adanya kejadian kebakaran ini, kata Khadafi mengemuka agar Pemerintahan Desa/Kecamatan melakukan sosialisasi serta pengawasan terhadap setiap warga masyarakat yang melakukan pembakaran lahan/hutan.

"Karena dapat menimbulkan bahaya kebakaran dan kerugian lainnya. Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232)871113. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved