Breaking News:

Kesehatan

Musim Pancaroba Tubuh Jadi Mudah Terserang Penyakit, Kenali Perbedaan Flu Biasa & Gejala Covid-19

dr Deborah Johana Rattu menjelaskan ketika tubuh terkena virus, maka akan bereaksi dengan gejala yang sama seperti demam, bersin, dan nyeri badan

Editor: Mumu Mujahidin
Shutterstock
Ilustrasi: Musim Pancaroba Tubuh Jadi Mudah Terserang Penyakit, Kenali Perbedaan Flu Biasa & Gejala Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Cuaca yang begitu terik saat siang dan angin kencang  atau dikenal dengan pancaroba membuat badan mudah terserang penyakit seperti flu, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan sakit persendian. 

Di masa Pandemi Covid-19, masyarakat pun harus lebih waspada ketika menghadapi musim ini karena tidak mudah untuk membedakan ketika badan dirasa terkena flu atau justru mengidap Covid-19

Kepala UPT Puskesmas Pasirkaliki, dr Deborah Johana Rattu, MH., Kes., MKM, menjelaskan ketika tubuh terkena virus, maka akan bereaksi dengan gejala yang sama seperti demam, bersin, dan nyeri badan. 

"Jika terjangkit virus corona pasti ada gejala lain seperti anosmia atau hilangnya penciuman dan rasa. Sementara ketika flu demam akan bertahan paling lama 4 hari lalu badan kembali normal," ujar Deborah di program Tribun Health. 

Hal yang harus diperhatikan lebih detail kata Debora adalah faktor lain seperti apakah baru saja bepergian ke daerah tinggi angka covid atau ada kontak erat dengan penderita covid. 

Tidak hanya gejala saja yang menjadi patokan seseorang terkena covid atau flu biasa, oleh karena itu harus digali lebih dalam lagi. 

Caranya adalah dengan  melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan, puskesmas, atau klinik dengan antigen atau swab, dan pcr. 

Deborah melihat saat ini masyarakat pun sudah mulai berdamai dengan Covid-19, dimana sebelumnya ketika seseorang merasa sakit tenggorokan akan langsung curiga. 

Berbeda halnya dengan sekarang yang banyak orang menganggapnya justru flu biasa.

Baca juga: INI Tanda-tanda Tubuh Terserang Virus Varian Baru Covid-19, Segera Periksa ke Dokter Jika Alami Ini

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved