Breaking News:

Liburan di Kuningan

5 Tempat Wisata di Kabupaten Kuningan yang Wajib Dikunjungi Pelancong Saat Liburan di Akhir Pekan

Kabupaten Kuningan dikenal memiliki banyak destinasi wisata beragam jenis. Ada wisata alam, wisata pendakian, wisata kuliner, dan wisata air.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Suasana objek wisata Talaga Cicerem di Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kuningan Jawa Barat, Sabtu (10/4/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Kabupaten Kuningan dikenal memiliki banyak destinasi wisata beragam jenis. Ada wisata alam, wisata pendakian, wisata kuliner, dan wisata air. Tentun saja, tempat-tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Di masa Pandemi Covid-19, objek-objek wisata ini tutup. Namun seiring dengan menurunnya level PPKM menjadi 3 menuju level 2, objek wisata pun dibuka dengan persyaratan.

Bupati Kuningan Acep Purnama dalam keterangan surat edarannya, mengatakan, aturan jam operasional usaha wisata ini pun dibatasi dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB. Kemudian kapasitas pengunjung maksimal 25% (dua puluh lima persen) dari kapasitas objek wisata.

Sementara Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan,  objek wisata di Jawa Barat akan kembali dibuka secara perlahan karena tak ada lagi wilayah berstatus zona merah.

Hal itu mengingat saat ini semua daerah di Jabar sudah masuk zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Level 4 yang diterapkan sejak 3 Juli lalu, seluruh objek wisata di Jawa Barat harus ditutup dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Pria yang akrab disapa Emil ini, mengatakan, terkait pembukaan objek wisata ini dilakukan secara gradual atau tetap ada pembatasan pengunjung 25 persen, termasuk pengecekan random sampling terhadap pengunjung.

Baca juga: Tak Ada Lagi Zona Merah, Pemprov Jabar Tetap Gencarkan Penanganan Covid-19 Dengan Percepat Vaksinasi

"Karena Jawa Barat sudah tidak lagi risiko tinggi, 100 persen sudah risiko sedang dan sebagian menuju risiko rendah, jadi sudah kami izinkan destinasi-destinasi dibuka perlahan," ujarnya saat meninjau sentra vaksinasi di Pusdikkav, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (22/8/2021).

Sementara jika hasil evaluasinya bagus, maka jumlah pengunjung akan dinaikan, sehingga pihaknya meminta semua pihak untuk mensukseskan, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved