Breaking News:

Terekam Video, Militan Taliban 'Bersenang-senang' Gunakan Helikopter Black Hawk AS

Anggota militan Taliban membawa keluar helikopter Black Hawk yang 'mahal' untuk bersenang-senang terekam dalam sebuah rekaman video

Editor: dedy herdiana
AFP via Tribunnews.com
Helikopter Black Hawk UH-60 

TRIBUNCIREBON.COM, KABUL - Anggota militan Taliban membawa keluar helikopter Black Hawk yang 'mahal' untuk bersenang-senang terekam dalam sebuah rekaman video yang baru saja muncul.

Aksi militan Tailiban Ini dilakukan setelah mereka berhasil menguasai banyak senjata yang ditinggalkan oleh pasukan keamanan Afghanistan yang diklaim telah melarikan diri.

Klip video berdurasi satu menit yang beredar di media sosial itu memperlihatkan helikopter UH-60 Black Hawk sedang meluncur di landasan di bandara yang dirahasiakan di Afghanistan.

Padahal helikopter tersebut tidak pernah terlihat melayang lebih dari beberapa inci dari tanah.

Baca juga: Gadis-gadis di Afghanistan Terancam, Taliban Datang dari Rumah ke Rumah untuk Menikahi Mereka

Pasukan elite Taliban Badri 313 Badri.
Pasukan elite Taliban Badri 313 Badri. (Badri 313 Battalion via The Sun)

Dikutip dari laman Sputnik News, Jumat (27/8/2021), spekulasi menunjukkan bahwa helikopter yang sebelumnya diawaki oleh pasukan keamanan Afghanistan ini adalah bagian dari peralatan tambahan dan artileri yang disimpan di Bandara Kandahar di Afghanistan Tenggara.

Meskipun saat ini tidak jelas siapa sebenarnya yang mengawaki helikopter itu, dan tidak pasti pula apakah pasukan militan tersebut dapat menerbangkan helikopter militer itu sepenuhnya.

Rekaman video tersebut beredar saat berbagai foto muncul secara online yang menunjukkan bahwa pasukan Taliban sedang memakai pakaian lengkap militer Amerika Serikat (AS) yang telah ditinggalkan oleh pasukan keamanan Afghanistan, di tengah upaya Taliban mengambil alih sebagian besar wilayah negara konflik itu.

Namun, klaim baru Taliban atas perangkat keras Amerika juga tidak sepenuhnya merupakan 'hal yang baru'.

Karena sama seperti laporan awal tentang Taliban yang memasuki Kabul, ibu kota Afghanistan, terungkap bahwa semua perlengkapan militer yang ditinggalkan itu secara efektif disita oleh Taliban.

Terkait persediaan baru yang kini 'dikantongi' kelompok itu, beberapa diantaranya adalah helikopter yang dipasok AS, Humvee, drone, kaca mata penglihatan malam, dan peti senjata api baru.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved