Breaking News:

PPKM

Majalengka dan 3 Daerah Lain Dipromosikan Pindah dari PPKM Level 2 Jadi Zona Hijau, Kejar Rekor

Empat daerah level 2 itu kita promosikan agar bisa ke level 1 atau zona hijau, sehingga di Jabar ada yang pecah rekor ke PPKM level 1

Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Alun-alun Majalengka saat ini tampak indah berkat tersedianya rumput sintetis untuk para pengunjung dengan latar belakang Masjid Agung Al-Imam Majalengka. Foto diambil Rabu 10 Maret 2021. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kabupaten Majalengka, Subang, Garut dan Tasikmalaya, menjadi empat daerah yang berstatus Level 2 PPKM. Pemprov Jawa Barat pun akan mendorong keempat daerah ini untuk menjadi zona hijau. Sedangkan daerah lainnya, didorong juga juga menjadi berstatus level lebih rendah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan saat ini daerah level 4 di Jawa Barat ada empat daerah, sementara level 3 sebanyak 19 daerah.

“Empat daerah level 2 itu kita promosikan agar bisa ke level 1 atau zona hijau, sehingga di Jabar ada yang pecah rekor ke PPKM level 1,” katanya dalam jumpa pers virtual di Bandung, Jumat (27/8).

Indikator epidemologis di Jawa Barat sendiri, katanya, terus menunjukan kabar baik setiap harinya. Mulai dari tingkat keterisian RS rujukan Covid-19 yang kini sudah menyentuh angka 19 persen, dari awalnya di atas 90 persen.

“Mudah-mudahan jadi nol persen,” ujarnya.

Baca juga: Level PPKM Turun, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Protokol Kesehatan 5M

Baca juga: Meski Masih Ada Penambahan, Hari ke-3 PPKM Level 2 Kasus Covid-19 di Majalengka Menurun

Baca juga: Aturan Terbaru untuk Rumah Makan di Masa PPKM, Boleh Buka Sampai Pukul 20.00, Silahkan Dine In

Selain itu berdasarkan evaluasi, tingkat kepatuhan warga Jawa Barat pada protokol kesehatan terbilang bagus. Tingkat kepatuhan memakai masker mencapai 90 persen dan jaga jarak 86 persen. 

Pihaknya juga mengkampanyekan masyarakat jangan sampai mengalami euforia penurunan kedaruratan Covid-19 ini dengan melepaskan diri dari prokes.

“Jangan euforia. Tetap waspada jangan nanti ditikung kedaruratan berikutnya karena kita lengah. Kalau itu dilakukan, normalitas bisa dilakukan perlahan tanpa ada yang kena covid. Kita berharap covid jadi endemi, kita bisa melakukan adaptasi kebiasaan baru, tanpa ada kedaruratan,” tuturnya.

Data Inmendagri khusus Jawa Barat menunjukkan ada empat daerah yang masuk kategori kedaruratan level 2, adalah Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Garut.

Sementara daerah yang masuk kategori level 3 di masa PPKM ini adalah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, dan Kota Cimahi

Sedangkan yang masuk kategori level 4 adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kota Cirebon.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved