Breaking News:

Kabar Baik Nih Bagi Purna PMI di Indramayu, SBMI Buka Pendaftaran Sekolah Fleksibel Indonesia Gratis

Para Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau anak PMI yang putus sekolah bisa mendaftar di sekolah tersebut secara gratis.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribuncirebon.com/ Handhika Rahman
Sekretariat SBMI Indramayu 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kabar baik, Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) membuka pendaftaran Sekolah Fleksibel Indonesia.

Para Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau anak PMI yang putus sekolah bisa mendaftar di sekolah tersebut secara gratis.

Di Sekolah Fleksibel Indonesia ini, disediakan program pendidikan kesetaraan Paket A, B dan C.

Ketua SBMI Cabang Indramayu, Juwarih mengatakan, selain keluarga PMI, masyarakat umum yang kurang mampu dan putus sekolah juga boleh mendaftar mengikuti program tersebut.

Pendaftaran dibuka mulai Agustus sampai dengan September 2021.

"Pendaftaran bisa mendatangi kantor SBMI di kota masing-masing, di Indramayu bisa mendatangi kantor SBMI Indramayu," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (27/8/2021).

Juwarih mengatakan, dibukanya Sekolah Fleksibel Indonesia ini mengingat banyaknya purna PMI yang kalah bersaing di dunia pekerjaan karena terhalang oleh legalitas ijazah.

Di Indramayu, rata-rata pendidikan purna PMI diketahui hanya lulusan SMP.

"Padahal mereka memiliki skill dan terampilan yang tidak kalah dari yang lain, cuma terhalang oleh legalitas ijazah saja yang dibawah SMA," ujar dia.

Masih disampaikan Juwarih, dalam membuka Sekolah Fleksibel Indonesia ini, SBMI juga mengandeng Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bakti Nusa.

Semua kegiatan belajar di Sekolah Fleksibel Indonesia ini gratis atau tidak dipungut biaya.

Rapor dan ijazah yang diterbitkan setara dengan sekolah formal.

"Harapan mereka punya ijazah formal, untuk bersaing saat para Purna PMI ini tidak lagi bekerja di luar negeri," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved