Breaking News:

Konflik Afghanistan

Jenderal Tentara Afghanistan Ini Sebut Tokoh Dunia Donald Trump, Biden, dan Ashraf Ghani Pengkhianat

Adalah Sami Sadat, yang sebut Donald Trump, Joe Biden, dan Ashraf Ghani presiden Afghanistan sebagai pengkhianat.

Editor: dedy herdiana
Twitter @SayedSamiSadat
Jenderal tentara Afghanistan, Sami Sadat (kiri), bersalaman dengan tentara AS. Foto ini diunggah Sadat di Twitter pribadinya pada 22 April 2021. 

TRIBUNCIREBON.COM - Tanpa diduga ada seorang jenderal tentara Afghanistan, yang berani membeberkan tokoh dunia sebagai pengkhianat.

Adalah Sami Sadat, yang sebut Donald Trump, Joe Biden, dan Ashraf Ghani presiden Afghanistan sebagai pengkhianat.

Jenderal tentara Afghanistan, Sami Sadat, belum lama ini mengatakan tiga sosok itu dinilainya sebagai pengkhianat dan menjadi penyebab runtuhnya negaranya.

Hal ini ia sampaikan dalam opini yang ditulisnya di New York Times.

Baca juga: Pantas Taliban Gampang Mengetahui Pengkhianat, Ternyata Pakai Alat Ini untuk Intai Warga Afghanistan

Sebuah video yang diambil dari RTA TV Afghanistan menunjukkan gambar propaganda Pasukan Khusus Badri 313 Taliban berpatroli di jalan-jalan di lokasi yang tidak dikenal di Afghanistan
Sebuah video yang diambil dari RTA TV Afghanistan menunjukkan gambar propaganda Pasukan Khusus Badri 313 Taliban berpatroli di jalan-jalan di lokasi yang tidak dikenal di Afghanistan (AFP)

Dikutip dari The Independent, Sadat membeberkan alasan mengapa pasukannya gagal melawan Taliban saat kelompok itu mulai mengambilalih kekuasaan pemerintahan.

Alasan yang pertama dimulai dari adanya perjanjian damai pemerintahan Donald Trump dengan Taliban yang dibuat di Doha, Qatar, pada Februari 2020.

Kesepakatan itu dinilai Sadat telah menghancurkan negaranya karena ada persyaratan untuk penarikan AS tanpa pembagian kekuasaan konkret antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

Mantan Presiden AS, Donald Trump; Presiden AS, Joe Biden; dan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani.
Mantan Presiden AS, Donald Trump; Presiden AS, Joe Biden; dan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani. (AFP Jim Watson/Brendon Smialowski/Kantor Pers Presiden Afghanistan)

Baca juga: 3 Sosok Dinilai Jadi Penyebab Runtuhnya Afghanistan: Donald Trump, Joe Biden, dan Ashraf Ghani

Baca juga: Sosok Mohammad Idris, Ditunjuk Taliban Jadi Gubernur Bank Sentral Afghanistan, Tak Punya Pengalaman

Menurut Sadat, kesepakatan itu memberi tenggat waktu bagi kehadiran AS di negara itu, yang memungkinkan Taliban menunggu dan merebut kembali Afghanistan begitu pasukan Amerika pergi.

Alasan kedua, karena pemerintahan Joe Biden terus melanjutkan rencana pemerintahan Trump untuk menarik kembali pasukan serta ribuan kontraktor militer yang penting untuk mempertahankan pasokan bagi pasukan dan tekonologi seperti helikopter dan drone.

"Saya sedih melihat Tuan Biden dan pejabat Barat menyalahkan Angkatan Darat Afghanistan karena keruntuhan negara kami, tanpa menyebutkan alasan mendasar yang terjadi," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved