Breaking News:

ODGJ di Majalengka Mendapat Vaksin Covid-19, Petugas Rela Door to Door untuk Memberikan Vaksin

Selain menyasar para penyandang disabilitas, petugas kesehatan dari Puskesmas Jatiwangi dan Loji mulai memberikan vaksin kepada ODGJ

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Eko Yulianto
Salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (24/8/2021). Petugas langsung mendatangi rumah ODGJ tersebut 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pemkab Majalengka terus mempercepat vaksinasi Covid-19.

Selain menyasar para penyandang disabilitas, petugas kesehatan dari Puskesmas Jatiwangi dan Loji mulai memberikan vaksin untuk kelompok orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Proses penyuntikan vaksin dilakukan dengan cara door to door untuk mendatangi penerima vaksin dengan mendapatkan pengawalan dari aparat Polri dan TNI.

Kondisi tersebut terlihat dari Kecamatan Jatiwangi yang telah melakukan vaksinasi buat penyandang disabilitas, anak difabel maupun ODGJ, Selasa (24/8/2021).

Tujuannya penyuntikan vaksin itu untuk membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga mereka dapat mencegah penularan virus corona.

Baca juga: ODGJ di Indramayu Dibuatkan e-KTP, Petugas Sempat Kewalahan Saat Perekaman, Dirayu dengan Bansos

Salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (24/8/2021). Petugas langsung mendatangi rumah ODGJ tersebut
Salah satu warga yang mengalami gangguan jiwa di Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (24/8/2021). Petugas langsung mendatangi rumah ODGJ tersebut (Tribuncirebon.com/Eko Yulianto)

“Hari ini vaksinasi kami khususkan untuk penyandang disabilitas dan anak difabel. Namun, bentuk pelayanan kepada masyarakat, kami juga secara door to door mendatangi langsung para penyandang dan ODGJ yang tidak bisa datang ke kecamatan untuk menjalani vaksinasi," ujar Camat Jatiwangi, Roni Setiawan kepada Tribun, Selasa (24/8/2021).

Ia menerangkan, vaksin yang diberikan untuk ODGJ adalah sinovac dosis pertama.

Sedangkan bagi disabilitas dan anak difabel menerima vaksin Sinopharm dosis pertama.

“Vaksinasi untuk ODGJ masih akan terus dilakukan sebab khususnya untuk warga kami di Jatiwangi, karena belum semua ODGJ menerima vaksin dosis pertama maupun dosis kedua,” ucapnya.

Namun, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ masih harus menunggu ketersediaan vaksin di puskesmas Jatiwangi dan Loji.

Sebab, sampai saat ini masih ada OGDJ yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama.

“Belum semua tervaksin. Sambil menunggu vaksin. Insyaallah kalau sudah ada kami akan lakukan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ,” jelas dia.

Baca juga: Aksi Polisi Memandikan ODGJ yang Berendam di Selokan Kotor Menuai Decak Kagum Warga

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved