Breaking News:

Kolesterol

Hati-hati Kolesterol TinggiDalam Daftar Makanan Ini, Biasa Tersaji di Meja Makan

orang yang memiliki riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan penyebab kolesterol

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
Kolase
Ilustrasi kolesterol setelah makan makanan bersantan 

TRIBUNCIREBON.COM - Orang yang memiliki kolesterol tinggi tentu harus menghindari konsumsi makanan penyebab kolesterol.

Tidak hanya untuk Anda yang memiliki kolesterol tinggi, orang yang memiliki riwayat atau risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes pun disarankan untuk membatasi makanan penyebab kolesterol. Apa saja sih jenis makanan tinggi kolesterol yang harus dihindari?

Kolesterol adalah komponen lemak yang berperan penting dalam menjaga sel dan jaringan tubuh tetap berfungsi. Akan tetapi, jumlahnya tidak boleh melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh.

Sebagaimana dilansir dari artikel di alodokter.com yang sudah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian,  Anda disarankan untuk menjaga konsumsi kolesterol yang diperoleh dari makanan dengan jumlah tidak lebih dari 200 mg per hari. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, maka dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Baca juga: Tak Perlu Obat Kimia, Kolesterol Jahat Dalam Tubuh Bakal Berkurang Drastis Cukup Konsumsi Daun Dewa

Baca juga: Kadar Kolesterol Tinggi Bisa Turun dengan Mudah Kalau Rutin Minum Royal Jelly

Mengenal Manfaat Kolesterol
Kolesterol diproduksi oleh hati dan terbagi menjadi beberapa jenis, yakni kolesterol baik (HDL), trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL). Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika jumlah HDL lebih dari 60mg/dL, trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan LDL kurang dari 100 mg/dL.

Kolesterol berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh dalam proses produksi empedu, vitamin D, serta beberapa jenis hormon, seperti kortisol, testosteron, estrogen, dan progesteron.

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol
Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga bisa ditemukan di dalam makanan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab kolesterol yang perlu dibatasi konsumsinya:

1. Makanan cepat saji
Makanan cepat saji, seperti hamburger dan pizza, mengandung 85-180 mg kolesterol dalam satu porsinya. Belum lagi jika ditambah minuman soda dan kentang goreng yang biasa dikonsumsi bersamaan.

Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah kolesterol tinggi.

Ilustrasi burger - beredar isu burger KFC mengandung babi
Ilustrasi burger - beredar isu burger KFC mengandung babi (Pixabay)

2. Es krim
Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik Anda menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah juga merupakan makanan yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved