Breaking News:

Taliban Kuasa Afghanistan

Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Sudah Muncul di Kabul, Siap Bentuk Pemerintahan Baru

Selain Baradar, sejumlah pemimpin senior pemberontak yang lainnya juga terlihat di ibu kota Afghanistan beberapa hari terakhir.

Editor: Machmud Mubarok

TRIBUNCIREBON.COM - Salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Baradar, tiba di Kabul untuk memulai proses membentuk pemerintahan.

Selain Baradar, sejumlah pemimpin senior pemberontak yang lainnya juga terlihat di ibu kota Afghanistan beberapa hari terakhir. Salah satunya Khalil Haqqani, sosok yang diburu AS dengan kepalanya dihargai 5 juta dollar AS (Rp 72 miliar).

Media sosial pro-Taliban mengunggah momen Haqqani bertemu dengan Gulbuddin Hekmatyar, mantan rival pemberontak di era perang saudara awal 1990-an.

"Para pemimpin jihadi dan politisi akan bertemu untuk membentuk pemerintahan," kata ofisial senior Taliban kepada AFP.

Baca juga: Taliban Menembak Mati Jurnalis dan Keluarganya hingga Menangkap Gubernur Wanita Pertama Afghanistan

Baca juga: Singkirkan Amerika, Taliban Mesra Dengan China, Pemerintah Negeri Panda Diajak Bangun Afghanistan

Dilansir pada Sabtu (21/8/2021), Mullah Abdul Ghani Baradar tiba di Afghanistan dari Qatar segera setelah pemberontak merebut Kabul.

Dia memilih mendarat di kota terbesar kedua Afghanistan, Kandahar, yang merupakan tempat kelahiran spiritual mereka. Beberapa jam setelah kedatangannya, pemberontak menjanjikan pemerintahan mereka yang kedua ini akan berbeda dari sebelumnya.

Pemberontak menerangkan, pemerintahan mereka kali ini bersifat inklusif. Namun, mereka tak menjelaskan siapa saja yang bakal bergabung.

Ditangkap di Pakistan pada 2010, Baradar dipenjara dan dibebaskan delapan tahun kemudian atas desakan AS, serta direlokasi ke Qatar.

Dia kemudian ditunjuk sebagai pemimpin politik di Doha, yang mengurus kesepakatan antara pemberontak dan AS di bawah pemerintahan Donald Trump.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, pasukan AS harus segera ditarik paling lambat Mei, sebelum penerus Trump, Joe Biden, memundurkannya ke Agustus. 

Harapan kesepakatan dengan Pemerintah Afghanistan pupus setelah pemberontak merebut kota penting selama dua pekan terakhir.

Pada Jumat (20/8/2021), Khalil Haqqani, paman dari Sirajuddin Haqqani, memimpin salat di masjid Kabul. Selain itu, pemimpin kelompok Jaringan Haqqani lainnya adalah Anas Haqqani, yang bertemu mantan Presiden Hamid Karzai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Tiba di Kabul untuk Bentuk Pemerintahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2021/08/21/161625870/pendiri-taliban-mullah-abdul-ghani-baradar-tiba-di-kabul-untuk-bentuk?page=2.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo


Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved