Breaking News:

Singkirkan Amerika, Taliban Mesra Dengan China, Pemerintah Negeri Panda Diajak Bangun Afghanistan

Setelah berhasil menyingkirkan Amerika Serikat, Taliban kini mesra denga China. Bahkan, pemerinta Negeri Panda itu diajak membangun Afghanistan.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
AP PHOTO/LI RAN via Kompas.com
Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua China ini, salah satu pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar atau Mullah Baradar (kiri) dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kanan) berpose untuk foto selama pertemuan mereka di Tianjin, China, Rabu, 28 Juli 2021. 

TRIBUNCIREBON.COM- Setelah berhasil menyingkirkan Amerika Serikat, Taliban kini mesra denga China. Bahkan, pemerinta Negeri Panda itu diajak membangun Afghanistan.

Ya, juru bicara Taliban Suhail Shaheen diketahui mengajak China membangun Afghanistan. China dianggap memiliki kapasitas melakukan itu.

Menurut Shaheem, China memainkan peran yang sangat besar dalam pembangunan kembali, rehabilitasi, dan rekonstruksi Afghanistan.

Sekadar diketahui, pada 28 Juli 2021, pendiri taliban sekaligus calon Presiden Afghanistan, Mullah Abdul Ghani Baradar atau dipanggil Mullah Baradar menemui Menteri Luar Negeri China, China Wang Yi, pejabat senior Beijing.

Pertemuan tersebut terjadi sebelum Taliban menguasai ibu kota Afghanistan, Kabul pada Minggu (15/8/2021).

Terkait ajakan Taliban kepada China, Shaheem mengungkapkan, China telah memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan.

Pernyataan tersebut disampaikan Shaheen dalam wawancara khusus dengan media pemerintah China CGTN.

"China adalah negara besar dengan pereknomian dan kapasitas yang besar,” kata Shaheen kepada CGTN, Kamis (19/8/2021).

“Saya pikir mereka dapat memainkan peran yang sangat besar dalam pembangunan kembali, rehabilitasi, dan rekonstruksi Afghanistan," sambung Shaheen sebagaimana dilansir Reuters.

Berkunjung ke China

Halaman
12
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved