Breaking News:

Apa Itu Baju Adat Baduy? Dipakai Presiden Jokowi Saat Menghadiri Sidang Tahunan MPR RI 2021

Jokowi memakai setelan atasan dan celana hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri. Presiden juga mengenakan udeng kepala berwarna biru

Editor: Machmud Mubarok
Tangkapan YouTube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat Baduy Luar saat menghadiri sidang tahunan MPR RI Tahun 2021, Senin (16/8/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM - Presiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR RI Tahun 2021, Senin (16/8/2021). Dipantau dari YouTube DPR RI, Presiden tiba di Kompleks Parlemen Senayan sekitar pukul 08.05 WIB.

Jokowi tampak berjalan keluar dari mobil dengan mengenakan pakaian adat urang Kanekes, yang dikenal juga sebagai suku Baduy di Banten.

Ia memakai setelan atasan dan celana hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri. Presiden juga mengenakan udeng kepala berwarna biru, sandal berwarna hitam ala orang Kanekes atau Baduy, lengkap dengan tas rajut berwarna cokelat.

Presiden juga terlihat mengenakan masker berwarna hitam.

Jokowi berjalan memasuki gedung Parlemen dengan disambut Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Baca juga: Jokowi Akhirnya Perintahkan Menkes Turunkan Harga Tes PCR Maksimal Rp 550 Ribu, Kenapa Bisa Mahal?

Baca juga: Baduy Masih Nol Kasus Covid-19, Kepala Puskesmas Ungkap Rahasia Masyarakat Baduy Tak Terpapar Corona

Untuk diketahui, tiga dari empat kesempatan terakhir, Presiden Jokowi selalu mengenakan baju adat nusantara saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan.

Pada 2017, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis, lalu di 2019 mengenakan baju adat Sasak NTB, dan 2020 lalu mengenakan baju adat Sabu, NTT.

Pada 2018 lalu, Presiden Jokowi mengenakan pakaian formal dengan balutan jas.

Kini, pada Sidang Tahunan MPR RI, Presiden Jokowi kembali mengenakan pakain adat dan kali ini adalah baju adat Baduy, Banten.

Pakaian tersebut disiapkan oleh Jaro Saija, Tetua Adat Masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes, Leuwidamar, Banten.

Jokowi mengaku menyukai pakaian adat Baduy tersebut lantaran memiliki desain sederhana dan simpel serta nyaman dipakai.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel, dan nyaman dipakai," kata Presiden Jokowi sebelum menutup pidatonya.

"Saya juga ingin menyampaikan terimakasih kepada Pak Jaro Saija, Tetua Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," ucap Jokowi.

Lantas seperti apa pakaian adat Baduy Banten ini?

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved