Breaking News:

Kejati Jabar Intruksikan Semua Kejari Kabupaten Kota di Jawa Barat Ikut Awasi Penyaluran Bansos

Kejaksaan Tinggi / Kejati Jabar mengintruksikan semua Kejari di Kota Kabupaten untuk proaktif melalukan pengawasan penyaluran Bansos Covid-19

Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
ILUSTRASI: Situasi Penyaluran Bansos Kemensos di Desa Palabuan, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, Kamis (5/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kejaksaan Tingg Jawa Barat i ( Kejati Jabar) mengintruksikan semua Kejari di Kota Kabupaten untuk proaktif melalukan pengawasan penyaluran bantuan sosial (Bansos) Covid-19.

Kasipenkum Kejaksaan Tinggi ( Kejati Jabar) Dodi Gazali Emil mengatakan, Kejari juga diminta untuk mendampingi Pemerintah Daerah atau lembaga penyur Bansos.

"Pak Kejati juga meminta agar kita memantau dan mendampingi, jangan sampai ada keraguraguan sehingga bantuan itu tidak terealisasi," ujar Dodi saat dihubungi, Minggu (15/8/2021).

Baca juga: Siap-siap Warga Majalengka, Pekan Depan Pemkab Bakal Berikan Bansos Tunai Rp 900 Ribu per KK

"Jadi, didampingi Pemerintah daerah atau lembaga yang akan menyalurkan bantuan itu sehingga bantuan itu tepat sasaran dan tepat aturan dan tidak menimbulkan kegaduhan baru," tambahnya.

Dikatakan Dodi, jika nantinya ada temuan dugaan penyelewengan Bansos, pihaknya bakal melakukan konfirmasi lebih dulu. Apabila ditemukan pelanggaran pidana maka akan diproses lebih lanjut.

"Namun jika kejadian tersebut setelah dikonfirmasi tidak ada unsur melanggar tindak pindananya ya, berarti itu bukan tindak pidana," katanya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar berani melaporkan kepada aparat penegak hukum, jika menemukan pemotongan atau bantuan yang diterima tidak sesuai.

"Informasikan saja apabila ada dipotong atau tidak tepat dan sebagainya, silakan melapor ke Kejaksaan, biar kita klarifikasi bersama," ucapnya.

Dodi menegaskan bakal memproses secara hukum pelaku yang melakukan pelanggaran atau tidak sesuai aturan saat melanyalurkan Bansos.

"Hati-hati entah itu lembaga penyelenggara atau unsur pendamping, salurkanlah bansos itu sesuai dengan aturan hukum, sesuai petunjuk dan teknis yang benar," katanya. 

Baca juga: Binmas Polres Majalengka Salurkan Bansos Bagi Warga Terdampak PPKM Level 3 dari Baznas

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved