Breaking News:

Info Gempa Hari Ini

Baru Terjadi Gempa Bumi Magnitudo 3,1 Guncang Sabang, Kedalaman Sangat Dangkal

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia, sehingga BMKG tidak mengeluarkan Peringatan

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
Shutterstock
Ilustrasi gempa 

TRIBUNCIREBON.COM  - Baru saja terjadi gempa bumi berkekuatan magnuitudo 3,1 mengguncang wilayah Sabang, Sabtu (14/08/2021) pukul  23:11:52 WIB.

Gempa berada di koordinat 5.89 LU 95.36 BT dengan kedalaman sangat dangkal yaitu 5 km.

Pusat gempa berada di laut 4km Tenggara Kota Sabang. Getaran gempa dirasakan pada skala II-III di Sabang.

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan analisis terkait  Gempa bumi tektonik besar yang mengguncang wilayah Pantai Alaska pada Sabtu (14/8/2021) pukul 18.57 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=6,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 55,36° LU ; 157,69° BB , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 km arah Tenggara Perryville, Alaska pada kedalaman 44 km.

Dalam siaran pernya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi, mengatakan, Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas pada lempeng Alaska. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia, sehingga BMKG tidak mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami.

Hingga hari Sabtu, 14 Agustus 2021 pukul 20:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Baca juga: GEMPA Bumi Baru Saja Terjadi Berkekuatan Magnitudo 4,9 Mengguncang Cilacap, Terasa ke Pangandaran

Baca juga: Baru Saja Terjadi Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,5 Guncang Selat Sunda, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Bambang merekomendasikan kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved