Breaking News:

Headline Tribun Jabar

Waduh, Nakes Garda Terdepan Tangani Covid-19, tapi Insentif Disunat, Jadi Cuma Terima Duit 40 Persen

Hari ini, mengupas insentif tenaga kesehatan (nakes) yang dipotong. . .

(EPA via AlJazeera)
Staf kesehatan membawa seorang pasien ke dalam rumah sakit Jinyintan, China. Hingga Jumat (24/1/2020) siang waktu setempat, 26 orang di China meninggal akibat virus corona. 

TRIBUNCIREBON.COM - Headline Tribun Jabar, hari ini, mengupas insentif tenaga kesehatan (nakes) yang dipotong.

Headline Tribun Jabar selengkapnya silakan baca di bawah ini.

Fakta mengejutkan sisampaikan Amnesty International Indonesia (AII), Jumat (6/8/2021).

Mereka mencatat, setidaknya 21.424 tenaga kesehatan (nakes) pernah mengalami penundaan atau pemotongan pembayaran insentif selama periode Juni 2020 hingga Juli 2021.

Nakes bagikan kegiatan melepas APD setelah bertugas
FOTO ilustrasi. Nakes bagikan kegiatan melepas APD setelah bertugas (Instagram @wowunix)

Itu terjadi di 34 kota/kabupatten yang tersebar di 21 provinsi di Indonesia.

Manajer Media dan Kampanye AII Nurina Savitri, mengatakan nakes terbanyak yang pernah mengalami penundaan atau pemotongan pembayaran insentif bedara di Bogor. Jumlahnya mencapai 4.258 nakes.

Palembang berada di urutan kedua dengan 3.987 nakes. Selanjutnya ada Tanjung Pinang dengan 2.900 nakes, Banyuwangi 1.938 nakes, serta Bandung Barat 1.618 nakes.

"Sekali lagi, mereka ini yang pernah mengalami penundaan atau pemotongan insentif dari Juni 2020-Juli 2021," kata Nurina, dalam konferensi pers 'Pembayaran Insentif Tenaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19', yang digelar secara virtual, Jumat (6/8).

Anggota Tim Advokasi LaporCovid-19 Firdaus Ferdiansyah turut mencatat dalam rentang waktu 30 Juni-31 Juli 2021, pihaknya menerima 136 laporan tentang dana insentif tenaga kesehatan yang tidak kunjung dibayarkan.

Laporan tersebut berasal dari nakes di fasilitas kesehatan milik pemerintah, puskesmas, rumah sakit umum daerah (RSUD) ataupun rumah sakit swasta. Artinya, kata Firdaus, semua faskes bisa saja mengalami penundaan atau keterlambatan pembayaran insentif ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved