Breaking News:

Aa Umbara Disikat KPK

PENGAKUAN Hengky Kurniawan ke KPK Soal Aa Umbara Korupsi: Saya Tak Dilibatkan Urus Bansos Covid-19

Seperti diketahui, Hengky Kurniawan menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi yang menyeret nama Bupati KBB nonaktif Aa Umbara

Kolase/Instagram
Sosok Hengky Kurniawan yang Akan Jadi Penjabat Bupati Saat Aa Umbara Dipenjara 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan angkat bicara terkait pemeriksaan dirinya sebagai saksi oleh KPK dalam kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid -19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2020.

Seperti diketahui, Hengky Kurniawan menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi yang menyeret nama Bupati KBB nonaktif Aa Umbara Sutisna di Kantor KPK Jalan Kuningan Persada Kavling 4, Jakarta, pada 27 Juli 2021.

Adapun Hengky Kurniawan mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut penyidik KPK menanyakan perannya sebagai Wakil Bupati Bandung Barat dalam penanganan Covid-19 pada tahun 2020 hingga 2021, termasuk pengadaan barang tanggap darurat Covid-19.

"Materi pemeriksaan di KPK kemarin saya sampaikan apa adanya, normatif. Untuk program di 2020 termasuk penyusunan APBD KBB dan Bansos Covid-19, saya kan tidak dilibatkan," ujar Hengky Kurniawan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (30/7/2021).

Karena tidak dilibatkan dalam proyek pengadaan barang tanggap darurat Covid-19 di KBB dia tidak mengetahui perencanaan dan pembahasan terkait bansos tersebut.

"Silakan dicek ke OPD dan notulen rapat, pernah enggak dalam 2,5 tahun saya dengan bupati duduk bareng membahas misalnya APBD mau dibawa kemana, program seperti apa," kata Hengky.

Hengky mengatakan, selama kurun waktu 2,5 tahun itu memang tak diberi peran apapun oleh Aa Umbara. Namun, pihaknya tidak mempermasalahkan terkait hal ini dan sudah menerima kebijakan yang diambil Aa Umbara.

"Artinya kan bagaimana atasan atau partner saya. Kalau memang dilibatkan, dengan senang hati. Tapi kalau di rapat tak dilibatkan ya mau bagaimana lagi," ucapnya.

Selama menjadi Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky mengklaim lebih banyak berkutat dengan kegiatan dan program pribadinya. Meskipun sesekali kerap menggantikan peran Aa Umbara sebagai pimpinan rapat paripurna.

"Kegiatan yang dijalankan sebelumnya itu paling mewakili saat paripurna, ya saya wakili. Selebihnya kegiatan non pemerintahan. Bahkan kegiatan warga yang paling sering," kata Hengky Kurniawan.

Sebelumnya, Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut, Hengky memang dimintai keterangan oleh penyidik KPK terkait kasus korupsi yang melibatkan Aa Umbara Sutisna.

Baca juga: Kader PDIP Jadi Bupati Dipatok Rp 100 Juta untuk Sumbangan Covid-19, Hengky Kurniawan Ideal Segitu

"Yang bersangkutan hadir dan didalami pengetahuannya, antara lain mengenai dugaan adanya perencanaan dan pembahasan bersama dengan Tsk AUS terkait dengan bantuan Bansos dalam pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid 19 pada Dinsos Kabupaten Bandung Barat tahun 2020," katanya melalui pesan singkat.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved