Breaking News:

CPNS Cirebon

Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS 2021, Tes Numerik dan Perhitungan, Simak Trik Mengerjakannya

Soal kemampuan numerik ini masuk dalam kategori Tes Intelegensi Umum (TIU) dan menjadi materi yang diujikan dalam ujian SKD CPNS.

Editor: Machmud Mubarok
Warta Kota/Alex Suban
Peserta bersiap mengikuti Ujian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menggunakan komputer atau sistem computer assisted test (CAT) di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cililitan, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020). Sesuai Permenpan RB Nomor 24 Tahun 2019, tiga tes diujikan dalam pelaksanaan SKD CPNS tahun ini. Ketiganya yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Sebanyak 100 soal akan diujikan, terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. 

TRIBUNCIREBO.COM - Salah satu materi yang terdapat dalam soal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 yakni mengenai kemampuan numerik.

Soal kemampuan numerik ini masuk dalam kategori Tes Intelegensi Umum (TIU) dan menjadi materi yang diujikan dalam ujian SKD CPNS.

Seperti disebutkan dalam dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No 27 tahun 2021 tentang Pengadaan PNS, materi kemampuan numerik meliputi soal berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif serta soal cerita.

Ada berbagai tipe soal dalam tes berhitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan hingga kombinasi.

Baca juga: Ini Passing Grade SKD CPNS 2021, Jumlah Soal 110 Berupa TWK, TIU dan TKP Waktu Pengerjaan 100 Menit

Baca juga: Nih Latihan Soal Tes CPNS 2021 TIU SKD, Ada Tiga Materi Dilengkapi Kunci Jawaban

  • Contoh Soal

Berikut ini sejumlah contoh soal kemampuan numerik pada soal berhitung, dikutip dari buku terbitan Bimbel Bina Taruna Wiratama:

1. 0,75 x 8888 = ............

a. 4999 b. 6788 c. 7777 d. 6666

Pembahasan:

Dengan mengubah bentuk 0,75 menjadi % maka hal ini akan lebih sederhana dalam melakukan perkalian.

Dalam hal ini penggunaan insting diperlukan, dimana pada bilangan 4 & 8, 8 habis dibagi 4 sehingga dapat dilakukan penyederhanaan perhitungan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved