Breaking News:

Gunung Sinabung Mengalami Erupsi Setinggi 4.500 Meter, Kini Statusnya Siaga

erupsi Sinabung kali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi kurang lebih 12 menit 22 detik.

Editor: Machmud Mubarok
(Peneliti Priatna PVMBG)
Terlihat Gunung Sinabung mengeluarkan awan panas dengan jarak luncuran 1500-2.500 meter. 

TRIBUNCIREBON.COM - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengalami erupsi pada Rabu (28/7/2012) pukul 13.20 WIB.

Koordinator Kelompok Mitigasi Gunung Api PVMBG Kristianto mengatakan, tinggi kolom abu teramati kurang lebih 4.500 meter di atas puncak atau kurang lebih 6.960 meter di atas permukaan laut.

Adapun kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal, serta condong ke arah timur dan selatan.

Kristianto mengatakan, erupsi Sinabung kali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi kurang lebih 12 menit 22 detik.

"Erupsi diikuti dengan awan panas ke arah timur-tenggara sejauh 1.000 meter," kata Kristianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/7/2021) malam.

Baca juga: Gempa 5.2 Magnitudo Guncang Pacitan Jawa Timur, BMKG: Terasa Hingga Gunung Kidul Yogyakarta

Baca juga: Waspada Angin Kumbang dari Gunung Ciremai Terjang Majalengka, Inilah yang Harus Dilakukan

Kristianto mengatakan, saat ini Sinabung berada pada Status Level III (Siaga). Oleh karena itu, PVMBG mengeluarkan sejumlah rekomendasi.

Pertama, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi berikut:

Di radius radial 3 kilometer dari puncak Sinabung

Di radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur

Di radius sektoral 4 kilometer untuk sektor timur-utara

Kemudian, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Selain itu, masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," kata Kristianto. Detik-detik erupsi Di media sosial, beberapa warganet membagikan video yang merekam detik-detik erupsi Sinabung, Rabu (28/7/2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Sinabung Erupsi dengan Tinggi Kolom Abu 4.500 Meter, Ini Rekomendasi PVMBG", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/28/205000065/gunung-sinabung-erupsi-dengan-tinggi-kolom-abu-4.500-meter-ini-rekomendasi.
Penulis : Jawahir Gustav Rizal
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved