Breaking News:

Waduk Kuningan Mulai Digenangi Air, Bangunan Sudah Rata Tanah, Begini Kondisi di Lokasi

di lokasi sekitar Waduk Kuningan seluas 302 hektare ini, warga datang berkunjung untuk  mengisi waktu alias berwisata alam.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Rampungnya pembangunan Waduk Kuningan yang merupakan  program proyek strategis nasional di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan Jawa Barat,  menjadi perhatian warga sekitar. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Rampungnya pembangunan Waduk Kuningan yang merupakan  program proyek strategis nasional di Desa Kawungsari, Kecamatan Cibeureum, Kuningan Jawa Barat,  menjadi perhatian warga sekitar.

Pantauan di lokasi sekitar Waduk Kuningan seluas 302 hektare ini, warga datang berkunjung untuk  mengisi waktu alias berwisata alam.

"Sejak dua Minggu kemarin, Waduk Kuningan menjadi tempat yang banyak dikunjungi warga sekitar. Apalagi ketika sore hari itu kalangan warga baik remaja dan dewasa, datang ingin tahu Waduk Kuningan ini," kata Mujahidin, salah seorang warga setempat, Selasa (27/7/2021).

Mujahidin mengatakan untuk akses ke Waduk Kuningan, jika ditempuh dari pusat Kuningan Kota memakan sekitar 1 setengah jam.

"Ya kalau dari Kuningan kota ke sini, bisa satu setengah jam. Habis, lokasi ini berada tidak jauh dari perbatasan Kuningan dengan Brebes (Jawa Tengah)," katanya.

Baca juga: Bupati Acep Purnama Bertemu Bupati Brebes di Waduk Kuningan, Takjub Lihat Bendungan

Baca juga: Warga Desa Sadarwana Subang Mendadak Kaya Raya, Dapat Duit Ganti Proyek Bendungan, Auto Borong Motor

Sementara itu, Kepala Dinas Kawasan Permukiman dan Pertahanan Kuningan, I Putu Bagiasna membenarkan bahwa luas lahan Waduk Kuningan itu ada sekitar 302 hektare. "Iya, untuk luas Waduk Kuningan atau bendungan itu ada 302 hektare," ujarnya.

Dalam pengerjaan pembangunan Waduk Kuningan, kata Putu menyebutkan bahwa Desa Randusari, Kawungsari, Tanjungkerta, Cihanjaro, Sukarapih, Simpayjaya, dan Desa Karangkancana itu kena dampak.

"Untuk Desa Kawungsari dan beberapa unit rumah warga di Desa Randusari itu harus berpindah dan kami sudah sediakan perumahan sebagai tempat tinggal permanen, dengan status pinjaman pakai," ujarnya.

Pembangunan Waduk Kuningan sudah rampung.
Pembangunan Waduk Kuningan sudah rampung. (TribunCirebon.com/Ahmad Ripai)

Untuk lahan Desa Miliarder alias Desa Kawungsari itu kondisinya sudah tidak ada tegakan bangunan berdiri dan warganya telah menempati tempat tinggal baru di perumahan yang berada di lahan 10 hektare yang berhimpitan dengan Desa Sukarapih.

"Untuk warga Desa Kawungsari sudah menetap di sana dengan kondisi bangunan kopel dan memiliki lengkap sarana prasarana umum," katanya.

Mengenai Waduk Kuningan, kata Putu mengaku bahwa keberadaan jelas memiliki banyak potensi yang bisa di manfaatkan.

"Untuk volume airnya itu bisa dimanfaatkan sebagai irigasi bagi lahan pertanian sekitar 3 ribu hektare yang berada di hilir kawasan Waduk Kuningan tersebut. Kemudian, potensi air itu bisa dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan selain itu bisa berpotensi untuk wisata juga," katanya. (*) 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved