Breaking News:

11 Ribu KK di Majalengka Bakal Peroleh Bantuan Raharja Sebesar Rp 300 Ribu Selama 3 Bulan

bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu akan dikucurkan selama tiga bulan berturut-turut untuk 11 ribu KK.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Bupati Majalengka Karna Sobahi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka tengah menyiapkan bantuan sosial bagi belasan ribu keluarga yang terdampak PPKM. 

Tercatat setidaknya ada 11 ribu Kepala Keluarga (KK) yang bakal mendapat bantuan yang dinamakan Bantuan Raharja tersebut.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu akan dikucurkan selama tiga bulan berturut-turut untuk 11 ribu KK.

Adapun anggaran untuk bantuan tersebut berasal dari dana APBD Kabupaten Majalengka.

"Sebagai langkah kongkret dampak PPKM terhadap perekonomian rakyat akan dikucurkan bantuan Rp 300 ribu selama tiga bulan kepada 11.000 KK yang terdampak, dananya dari APBD," ujar Karna dalam keterangan yang diterima Tribun, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang Digelar TNI di Majalengka Mulai Sasar para Santri Ponpes

Baca juga: Kabar Baik, Ratusan Nakes Terpapar Covid-19 di RSUD Majalengka Sembuh, Belasan Lagi Masih Dirawat

Selain bantuan bagi 11 ribu KK, Pemkab Majalengka juga menyiapkan paket sembako bagi warganya yang sedang menjalani isolasi mandiri.

"7.500 paket sembako juga akan diberikan bagi warga yang isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif COVID-19," ucapnya.

Dalam kesempatan ini Karna juga mengungkapkan, akan terus mengupayakan untuk memulihkan ekonomi warga akibat dampak pandemi COVID-19.

Ia meminta keterlibatan semua pihak untuk bergotong royong memberi bantuan bagi warga.

"Saya akan terus mengupayakan dengan berbagai langkah untuk menekan dampak ekonomi masyarakat. Saya pun mengetuk kepedulian para pengusaha dan unsur masyarakat lain untuk gotong royong membantu masyarakat yang terkena dampak," jelas dia.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Majalengka, Gandana Purwana menambahkan, bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang tidak tercover bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi.

"Bantuan ini namanya Bansos Raharja, datanya diambil dari DTKS karena masih banyak masyarakat yang belum mendapat bantuan dari program pusat atau provinsi," katanya.

Ia menargetkan bansos Raharja mulai bisa disalurkan pada bulan Agustus mendatang dan akan diberikan hingga bulan Oktober2021.

"Per bulan Rp 300 ribu. Saat ini kami sedang menyerahkan DTKS ke pihak desa untuk divalidasi," ujarnya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved