Breaking News:

Kolesterol

INI Kebiasaan Buruk yang Membuat Kolesterol Naik Tanpa Disadari, Sudah Mendarah Daging

Beberapa makanan di bawah ini merupakan daftar jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan.

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
net
Ilustrasi Kolesterol 

TRIBUNCIREBON.COM - Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat.

Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah. Pemeriksaan kolesterol dalam darah berguna untuk mendeteksi risiko tersebut.

Dilansir dari laman p2ptm.kemenkes.go.id, kebiasaan apa saja yang bisa membuat kolesterol meningkat? Berikut ini penjelasannya:

Baca juga: Obat Penurun Kadar Kolesterol Ternyata Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung, Ini Hasl Studinya

Baca juga: Cara Sederhana Menghindari Kolesterol Jahat, Ternyata Sering Kita Lakukan dan Mudah

  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat (memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi), Contohnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.
  • Kurang berolahraga atau beraktivitas.
  • Kebiasaan merokok.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Obesitas.
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal.
  • Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.

Beberapa makanan di bawah ini merupakan daftar jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan. Terutama bila memang Anda sudah terindikasi memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa dipastikan mengandung kolesterol, apalagi bila digoreng dengan menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

Otak Sapi dan jeroan

Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. Sebaiknya kurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh yang tinggi. Tambahkan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

Baca juga: 9 Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Mulai Minyak Ikan Hingga Teh Jati Cina

Baca juga: Tak Hanya Ampuh Obati Kolesterol Tinggi, Bawang Putih Bisa Jaga Kesehatan Jantung.

Kuning Telur

Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram atau 400 persen lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved