Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Duh, Vaksin Covid-19 di Jabar Mulai Menipis, Ridwan Kamil Menunggu Stok Kiriman dari Pusat

Di tengah upaya percepatan vaksinasi Covid-19, kersediaan vaksin Covid-19 di Jawa Barat malah mulai menipis

Biro Adpim Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan keterangan pers via konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (6/7/2021) 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Di tengah upaya percepatan vaksinasi Covid-19, kersediaan vaksin Covid-19 di Jawa Barat malah mulai menipis. Pemerintah pusat pun baru akan mengirimkan tambahan suplai vaksin ke Jawa Barat kembali pada awal Agustus 2021.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan dari sekitar 9 juta dosis vaksin Covid-19 di Jabar yang yang dijatahkan pemerintah pusat untuk Jawa Barat, sebanyak 74 persennya sudah disuntikkan.

"Kemudian banyak yang minta vaksin lagi, tapi masih kosong. Jadi baru akan datang bulan Agustus. Jadi kalau ditanya ini pada minta vaksin, vaksinnya tidak ada karena dari pusatnya dropnya nggak ada, baru datang bulan Agustus," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (21/7).

Ridwan Kamil mengatakan ia pun menginstruksikan untuk meminjam 26 persen sisa vaksin yang ada, yang tadinya sebagian besar untuk dosis kedua, untuk digunakan sebagai dosis pertama.

Asalkan, tidak mengganggu vaksinasi dosis kedua, yang jadwal penyuntikannya sebelum Agustus.

"Sehingga kita akan menggunakan sisa yang 26 persen ini tidak untuk dosis kedua, tapi untuk memperluas wilayah vaksin, antara lain di sekolah-sekolah kemudian vaksin keliling, untuk meningkatkan persentase," katanya.

Jika diambil data jumlah orangnya, katanya, vaksinasi di Jabar sudah lebih tinggi dari provinsi lain.

Tapi kalau pakai persentase, karena di Jabar jumlah penduduknya 50 juta orang, memang masih perlu kerja keras. 

"Tapi karena jatahnya dari pusat segitu, kita baru menghasilkan sekian. Jadi jatahnya nanya 9 juta, Bupati Walikota banyak yang minta minggu-minggu ini, saya juga nggak ada karena habis, menunggu diberikan oleh pusat, janjinya katanya bulan depan," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved