Breaking News:

PPKM Darurat

APA Itu PPKM Level 3? Akan Diterapkan Bupati Bandung Mulai Besok Hingga 31 Juli 2021

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, Kabupaten Bandung berencana untuk menerapkan PPKM level 3, mulai 21-31 Juli 2021

Editor: Machmud Mubarok
TribunJabar.id/Lutfi Ahmad Mauludin
Bupati Bandung Dadang Supriatna. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Pemerintah resmi mengganti frasa PPKM Darurat menjadi PPKM berdasarkan skala tingkat kedaruratan pandemi Covid-19 atau disebut tahap/level. Terdapat empat level yang menjadi indikator penerapan PPKM di sebuah daerah kabupaten/kota. 

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, Kabupaten Bandung berencana untuk menerapkan PPKM level 3, mulai 21-31 Juli 2021. Hal tersebut berdasarkan hasil rapat evaluasi PPKM Darurat Jawa - Bali bersama Presiden dan Wakil Presiden melalui video confrence, kemarin.

Meskipun belum merinci apa saja yang akan diterapkan, menurutnya, penerapan penanganan PPKM level 3 akan lebih ketat dibandingkan dengan penerapan PPKM level 1 dan 2. 

"Pemerintah punya langkah dan upaya untuk menerapkan PPKM level 3 saat ini, jadi bukan PPKM darurat, tapi PPKM level 3 untuk Kabupaten Bandung," ujarnya saat on air di Radio PRFM, Selasa (20/7/2021).

Dengan kondisi tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Bandung akan terus menekan penanganan Covid-19 secara lebih masif dan ketat, sebagai upaya menaikan tingkat kewaspadaan masyarakat hingga mencapai kondisi lebih ringan atau bahkan zona hijau.

"Karena masuk kategori level 3, diperlukan kerjasama semua pihak segera, agar bisa masuk ke level 2 atau level 1 dan bahkan sampai zona hijau, dan itu recovery, new normal. Kita harapkan dalam waktu cepat ini bisa masuk ke zona hijau," ucapnya.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Jenis Usaha yang Bisa Buka Hingga Pukul 21.00 Jika Kasus Terus Turun

Baca juga: Presiden Jokowi Umumkan PPKM Darurat Akan Dibuka Secara Bertahap Jika Kasus Menurun Pada 26 Juli

Hingga berita ini di ulis, upaya pencarian informasi Tribunjabar.id terkait teknis di lapangan dari penerapan PPKM level 3 tersebut kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bandung, baik melalui telepon ataupun pesan singkat WhatsApp belum mendapatkan jawaban.

Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh TribunJabar.id dari berbagai sumber, mengacu pada panduan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang terbit November 2020 lalu, ada empat kriteria yang digunakan untuk menentukan status level sebuah daerah, yaitu, rasio pasien di rumah sakit, tingkat kematian, jumlah kasus per 100 ribu penduduk dalam rentang dua minggu, dan jumlah tes.

Sebuah daerah dinyatakan masuk level 3, jika terdapat 10-30 orang per 100 ribu penduduk dalam satu minggu terakhir yang dirawat di rumah sakit. Kemudian, 2-5 kasus kematian per 100 ribu penduduk, dan 50 sampai 150 kasus aktif per 100 ribu penduduk dalam rentang dua minggu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved