Breaking News:

Idul Adha 2021

Tata Cara Menyembelih Sapi & Kambing Kurban Saat Idul Adha 2021, Dilengkapi Bacaan Doa Arab & Latin

Hari Raya Idul Adha juga identik dengan Hari Raya Kurban karena pada hari inilah umat Islam diperintahkan untuk berkurban.

Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Jalan Cimanuk Timur, Dayung Indramayu, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM - Inilah tata cara menyembelih hewan kurban saat Idul Adha 2021, dilengkapi dengan bacaan doa dengan lafal latin dan arti.

Hari Raya Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 besok.

Hari Raya Idul Adha juga identik dengan Hari Raya Kurban karena pada hari inilah umat Islam diperintahkan untuk berkurban.

Baca juga: Lezat Nih, Coba Resep Gulai Daging Sapi untuk 5 Porsi Ini, Pas untuk Dihidangkan Saat Idul Adha

Baca juga: Ini 10 Rekomendasi Makanan Hidangan Khas Hari Raya Idul Adha, Bahan Dasar Daging Sapi dan Kambing

Tujuan berkurban tak lain untuk mendekatkan diri, mengabdi, dan beribadah kepada Allah SWT.

Dikutip dari buku Pedoman dan Tata Cara Pemotongan Hewan Secara Halal terbitan Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2010, ada beberapa jenis dan persyaratan hewan kurban.

Hewan yang hendak dikurbankan sebaiknya hewan yang paling baik, gemuk, sehat, dan tidak cacat, seperti pincang atau matanya buta.

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah Ayat 267:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Yā ayyuhallażīna āmanū anfiqụ min ṭayyibāti mā kasabtum wa mimmā akhrajnā lakum minal-arḍ, wa lā tayammamul-khabīṡa min-hu tunfiqụna wa lastum bi`ākhiżīhi illā an tugmiḍụ fīh, wa'lamū annallāha ganiyyun ḥamīd

Arti: Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved