Breaking News:

Sapi Nyaris 1 Ton dari Lembang Ini Dibeli Presiden Jokowi untuk Kurban Idul Adha Tahun Ini

Sebelum terpilih untuk sapi kurban Jokowi, sapi ini telah melalui pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan

Editor: Mumu Mujahidin
TribunJabar.id/Hilman Kamaludin
Agus Sumartono (50), peternak sapi asal Lembang saat menunjukan sapi untuk kurban Presiden Jokowi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Seekor sapi berukuran jumbo milik Agus Sumartono (50), peternak sapi asal Kampung Pangragajian, RT 02/04, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpilih untuk kurban Presiden Joko Widodo pada Iduladha tahun ini.

Sapi jenis simental berbulu cokelat dan putih ini terlihat gempal, bersih, sehat, dan lincah, bahkan sang empunya dan adiknya pun nyaris kewalahan saat berusaha mengeluarkan sapi ini dari kandangnya.

Pasalnya, sapi berusia 3,5 tahun ini memiliki bobot nyaris satu ton dengan tinggi 160 sentimeter, dan panjang 150 sentimeter, sehingga tak heran jika sapi ini menjadi yang paling menonjol jika dibandingkan dengan sapi lain yang ada di peternakan itu.

Agus mengatakan, sebelum terpilih untuk sapi kurban Jokowi, sapi ini telah melalui tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat.

"Mereka datang kemari, untuk memeriksa sapi itu sendiri mulai dari ngambil darah, dan fesesnya juga diperiksa," ujarnya saat ditemui di Lembang, Jumat (16/7/2021).

Agus mengaku membutuhkan usaha yang keras dalam melakukan perawatan sapi ini agar masuk nominasi dan lolos seleksi hingga akhirnya terpilih untuk sapi kurban orang nomor satu di Indonesia ini.

"Tentunya untuk pola makan disesuaikan ya, dan kebersihan diutamakan karena kalau tidak bersih, nanti sapi ini bisa sakit," kata Agus.

Untuk perawatan sapi ini, kata Agus tidak jauh berbeda dengan sapi kurban lainnya.

Untuk pola makan, Agus memberikan asupan sapi ini dengan konsentrat dua kali sehari dan rumput tiga kali sehari, dan ditambah vitamin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved