Breaking News:

Limbah Medis Berserakan di Pinggir Jalan di Purwakarta, Ternyata Dibuang oleh RSIA Bunda Fathia

pihak dari RSIA Bunda Fathia belum bisa memberikan keterangan resmi apapun kepada awak media terhadap pembuangan tumpukan limbah medis.

Editor: Mumu Mujahidin
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta.
Tumpukan limbah medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fathia yang berlokasi di Jalan Ibrahim Singadilata, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Purwakarta, Dwiky Maulana Vellayati.

TRIBUNCIREBON.COM, PURWAKARTA - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fathia yang berlokasi di Jalan Ibrahim Singadilata, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, langsung membersihkan tumpukan limbah medis setelah kedapatan membuang sampah medis secara sembarangan.

Menurut keterangan dari salah seorang warga yang melihat kejadian tersebut, Gigin Ginanjar (35) melihat secara langsung banyaknya tumpukan limbah medis yang berserakan di pinggir jalan raya tepat di depan dari RSIA Bunda Fathia.

"Saya kebetulan pas sedang berada di lokasi melihat beberapa pegawai baju ungu yang merupakan pegawai dari RSIA tersebut sedang membereskan sisa tumpukan sampah medis," kata Gigin saat di temui di tempat lokasi RSIA Bunda Fathia, Kamis (15/7/2021).

Tumpukan limbah medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fathia yang berlokasi di Jalan Ibrahim Singadilata, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta
Tumpukan limbah medis di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fathia yang berlokasi di Jalan Ibrahim Singadilata, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta (Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta.)

Setelah kejadian itu, kata Gigin sangat menyayangkan karena apabila limbah medis yang di buang secara sembarangan tersebut bisa menyebabkan penularan penyakit.

Dari yang dilihat olehnya terdapat barang limbah medis seperti masker serta sisa alat infusan yang sudah terpakai.

"Kalo yang saya lihat itu banyak masker terus banyak juga botol infusan bekas yang berserakan di lokasi itu," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, melihat kejadian disaat terdapat mobil pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta enggan menaikan sampah sisa dari limbah medis tersebut.

"Terus tadi juga saya melihat ada satu truk sampah tidak berani mengangkut kayaknya takut limbah medis tersebut sudah ter-kontaminasi penyakit," ucapnya.

Sementara itu, sampai saat ini pihak dari RSIA Bunda Fathia belum bisa memberikan keterangan resmi apapun kepada awak media terhadap pembuangan tumpukan limbah medis.

Baca juga: Apa Itu Limbah Infeksius? Salah Satu Dampak dari Vaksinasi Massal, Begini Penanganannya di Jabar

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved