Breaking News:

Hewan Kurban di Indramayu Diperiksa Kesehatannya, Berikut Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat

Pemerintah Kabupaten Indramayu mulai menyisir setiap lapak pedagang hewan kurban untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Jalan Cimanuk Timur, Dayung Indramayu, Rabu (14/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu mulai menyisir setiap lapak pedagang hewan kurban untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Hewan-hewan tersebut harus dipastikan sehat terlebih dahulu sebelum dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah mendatang.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu, Budi Rahadian Rahmat mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan gigi, saluran reproduksi hewan, kaki, kulit, dan lain sebagainya.

Baca juga: Amalan-amalan Sunnah yang Boleh Dikerjakan Umat Muslim Sebelum dan Sesudah Idul Adha 1442 H

"Sejauh ini, kita belum menemukan adanya hewan yang sakit," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di salah satu lapak pedagang hewan kurban di Jalan Cimanuk Timur, Dayung Indramayu, Rabu (14/7/2021).

Budi Rahadian Rahmat menyampaikan, ciri-ciri hewan kurban yang sehat sebenarnya juga bisa dilihat dari kondisi badannya.

Menurut dia, hewan yang sehat memiliki warna kulit yang tidak kusam, matanya pun tidak berair, dan gerak tubuhnya yang lincah.

Baca juga: Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha, Berikut Jadwal Pelaksanaanya

Kendati demikian, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan secara mendetail guna memastikan hewan kurban tersebut benar-benar dalam keadaan sehat saat dikurbankan.

Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Jalan Cimanuk Timur, Dayung Indramayu, Rabu (14/7/2021).
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Jalan Cimanuk Timur, Dayung Indramayu, Rabu (14/7/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Hewan yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, kemudian dilabeli dengan kalung sehat dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu.

"Kami juga menyarankan kepada pembeli, lebih baik membeli hewan kurban yang sudah ada tanda atau kalung sehatnya," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved