Breaking News:

Kronologi Dugaan Pungli Pemakaman Pasien Covid-19 di TPU Cikadut Bandung, Diminta Rp 2,8 Juta

biaya Rp 2,8 juta yang dikeluarkan Yunita, ialah diperuntukan untuk biaya galian makam di pemakaman non muslim karena tak ada petugas galian

Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Para penggali kubur di TPU Cikadut bekerja ekstra di masa pandemi Covid-19 ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Koordinator tim pikul jenazah Covid-19 TPU Cikadut Kota Bandung, Fajar Ifana menjelaskan kronologis awal kejadian menyebarnya dugaan pungutan liar (pungli) terhadap ahli waris keluarga Yunita Tambunan pada 7 Juli 2021.

Menurutnya, pemakaman keluarga Yunita ini kejadiannya dini hari di pemakaman khusus Covid-19 non muslim TPU Cikadut.

Jenazah, katanya, sudah ada di TPU sejak 6 Juli, malam, dan kondisi ada sebanyak 36 jenazah.

Sementara alat berat untuk menggali makamnya hanya ada di pemakaman khusus Covid-19 muslim.

"Nah, di non muslim itu tak ada alat berat, sehingga perlu digali secara manual. Pada malam itu, tak ada satu pun petugas gali dari UPT TPU Cikadut di pemakaman non muslim, tetapi yang ada warga luar yang memang biasa membantu," katanya di lokasi.

Fajar mengaku para petugas PHL pemikul dan penggali banyak yang sakit, sehingga PHL yang masih ada dan tengah piket sebanyak tujuh orang, serta ada dari warga luar PHL.

Dia menjelaskan biaya Rp 2,8 juta yang dikeluarkan Yunita, ialah diperuntukan untuk biaya galian makam di pemakaman non muslim karena tak ada petugas galian yang resmi.

"Biaya yang dikeluarkan Yunita untuk penggalian, pembelian padung, dan uang makan 23 orang. Lalu, kenapa memakamkannya banyak orang? Karena sebelumnya jenazah yang dikirim memang sangat banyak," ucapnya.

Baca juga: Oknum Pungli Pemakaman Pasien Covid-19 Dipecat dan Diperiksa Polisi, Ridwan Kamil Bilang Begini

Fajar mengaku antara penggali/pemikul sudah berkoordinasi dengan keluarga Yunita Tambunan terkait biaya Rp 2,8 juta yang harus dikeluarkan dan kondisi pada malam itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved