Breaking News:

JAWABAN Satgas Covid-19 Majalengka Soal Ada Masjid Gelar Salat Jumat di Tengah PPKM Darurat

Satgas Covid-19 Kabupaten Majalengka menanggapi adanya masjid yang masih menggelar salat Jumat di tengah pemberlakuan PPKM Darurat.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kegiatan ibadah Salat Jumat di Masjid Agung Al-Imam Majalengka yang tetap dilaksanakan di tengah Pemberlakuan PPKM Darurat, Jumat (9/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Satgas Covid-19 Kabupaten Majalengka menanggapi adanya masjid yang masih menggelar salat Jumat di tengah pemberlakuan PPKM Darurat.

Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Majalengka, Iskandar Hadi mengatakan, sejatinya daerah di Jawa-Bali termasuk Majalengka harus mematuhi aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat.

Aturan sudah jelas tertuang dalam Inmendagri nomor 15 dan 16 terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Masjid Agung Al-Imam Majalengka Tetap Gelar Salat Jumat saat PPKM Darurat Diberlakukan

Kegiatan ibadah Salat Jumat di Masjid Agung Al-Imam Majalengka yang tetap dilaksanakan di tengah Pemberlakuan PPKM Darurat, Jumat (9/7/2021).
Kegiatan ibadah Salat Jumat di Masjid Agung Al-Imam Majalengka yang tetap dilaksanakan di tengah Pemberlakuan PPKM Darurat, Jumat (9/7/2021). (Tribuncirebon.com/Eki Yulianto)

"Di situ ada poin-poinnya, dan langsung ditindaklanjuti oleh surat edaran Gubernur dan Bupati Majalengka," ujar Iskandar saat ditemui di kantornya, Jumat (9/7/2021).

Dalam regulasi itu, jelas dia, bahwa tempat ibadah, gereja, vihara, klenteng dan tempat ibadah lainnya ditutup sementara.

Sehingga, jika ada tempat ibadah yang masih buka itu sudah melanggar aturan yang ada.

"Jadi, memang tempat ibadah seharusnya ditutup," ucapnya.

Baca juga: Salat Jumat di Masjid Agung Indramayu Diganti Salat Zuhur, Suasana Sepi Tak Seperti Biasa

Pelaksanaan Salat Zuhur pengganti Salat Jumat di Masjid Agung Indramayu, Jumat (9/7/2021).
Pelaksanaan Salat Zuhur pengganti Salat Jumat di Masjid Agung Indramayu, Jumat (9/7/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Menyinggung masih adanya tempat ibadah yang buka, sambung dia, diharapkan kepada pihak yang bersangkutan untuk segera memahami aturan yang ada.

Sementara, ia meminta Satgas Pengamanan dan Penindakan hukum untuk melakukan upaya represif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved