Breaking News:

Idul Adha 2021

BESOK Sabtu Hari Terakhir Potong Kuku dan Rambut Buat Yang Akan Kurban saat Idul Adha? Ini Hukumnya

BESOK Sabtu 10 Juli 2021 bertepatan dengan 30 Dzulqaidah 1442 H, hari terakhir potong kuku dan potong rambut buat yang akan kurban saat Idul Adha

Editor: dedy herdiana
Tribunnews.com
Ilustrasi: BESOK Sabtu Hari Terakhir Potong Kuku dan Rambut Buat Yang Akan Kurban saat Idul Adha? Ini Hukumnya 

TRIBUNCIREBON.COM - BESOK Sabtu 10 Juli 2021 bertepatan dengan tanggal 30 Dzulqaidah 1442 H, yakni hari terakhir untuk potong kuku dan atau potong rambut bagi yang akan ber- kurban saat Idul Adha.

Hal itu merupakan pandangan sebagian ulama dan sebagian berpendapat bawah yang dimaksud tidak potong kuku dan rambut itu pada hewan yang akan dikurbankan.

Untuk diketahui, belakangan tentu sudah banyak beredar informasi di grup WA bahwa bagi yang akan kurban tahun ini maka dianjurkan untuk tidak memotong kuku atau rambut sejak 10 hari sebelum melaksanakan kurban.

Jika Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H ditetapkan pemerintah pada 20 Juli 2021, seperti yang sudah ditetapkan PP Muhammadiyah, maka besok, Sabtu 30 Dzulqaidah 1442 H adalah hari terakhir untuk potong kuku dan atau rambut.

Baca juga: Kapan Idul Adha 1422 H? Ini Tanggalnya Dilengkapi Jadwal Puasa Zulhijah, Tarwiyah, dan Arafah

Karena mulai tanggal 1 Dzulhijjah ( lusa, Minggu 11 Juli 2021) hingga 9 Dzulhijja ( Senin 19 Juli 2021), sudah tidak diperkenankan lagi untuk potong kuku dan atau potong rambut.

Lantas bagaiamana hukumnya tentang memotong kuku dan rambut saat akan berkurban ini?

Wakil Sekretaris PWNU DIY, Ustaz Muhajir menjelaskan terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum memotong rambut dan kuku bagi orang yang berkurban saat memasuki bulan Dzulhijjah.

"Memang terdapat perbedaan pendapat terkait hal ini, ada yang mengatakan tidak boleh untuk memotong rambut dan kuku saat hendak berkurban, ada yang memakruhkannya. Adapula, sebagian pendapat yang membolehkannya," jelasnya pada Jumat (24/07/2020).

Lalu bagaimana menyikapi hal seperti ini, dilansir dari TribunKaltim.co, Ustaz Muhajir menyarankan apabila ditemukan perbedaan pendapat di kalangan ulama seperti ini maka ikutilah kata hati dan pilihlah sesuai keyakinan.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Penyembelihan Hewan Kurban Saat Idul Adha Harus Terapkan Prokes Ketat

Rahmat (46) dan Deden (33) tengah melayani para pelanggan setianya di temoat potong rambut sederhana di tepi Jalan Sapta Marga, Kota Tasikmalaya, Jumat (22/5).
ILUSTRASI: potong rambut sederhana  di Kota Tasikmalaya, Jumat (22/5). (TribunJabar.id/Firman Suryaman)

Beberapa mazhab dan hadits  terkait hukum memotong rambut dan kuku :

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved