Breaking News:

Hindari Pungli dan Pangkas Birokrasi Rupbasan Kelas I Cirebon Luncurkan Aplikasi Cekatan

Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assyifa, mengatakan, Cekatan akronim dari Cek analisa data barang sitaan dan barang rampasan

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assyifa (kedua kiri), beserta jajarannya saat peluncuran aplikasi Cekatan secara virtual di Rupbasan Kelas I Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (8/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Cirebon meluncurkan aplikasi Cekatan.

Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan secara virtual dan diikuti sejumlah stakeholder di Kota Cirebon, dan Kepala Biro Umum KPK RI, Yonathan Demme Tanglidintin.

Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assyifa, mengatakan, Cekatan merupakan akronim dari Cek analisa data barang sitaan (Basan) dan barang rampasan (Baran).

Menurut dia, aplikasi Cekatan untuk mempermudah pelayanan, khususnya di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assyifa (kedua kiri), beserta jajarannya saat peluncuran aplikasi Cekatan secara virtual di Rupbasan Kelas I Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (8/7/2021).
Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assyifa (kedua kiri), beserta jajarannya saat peluncuran aplikasi Cekatan secara virtual di Rupbasan Kelas I Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (8/7/2021). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

"Aparat penegak hukum bisa mengambil atau menitipkan basan dan baran tanpa perlu bertatap muka langsung," kata Fajar Nurcahyono Assyifa saat ditemui usai peluncuran aplikasi Cekatan di Rupbasan Kelas I Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis (8/7/2021).

Ia mengatakan, masyarakat yang ingin mendapat informasi seputar basan dan baran yang disimpan di Rupbasan Kelas I Cirebon juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi Cekatan tersebut sebagai bentuk inovasi Rubpasan Kelas I Cirebon di era digital seperti sekarang sehingga pelayanan berbasis digital.

Pihaknya berharap, aplikasi Cekatan dapat memangkas jalur birokrasi sehingga menghindari praktek pungli dalam setiap pelayanan Rupbasan Kelas I Cirebon.

Baca juga: Kunjungi Bapas Kelas I Cirebon, Kakanwil Kemenkumham Jabar Sampaikan Pesan Ini

"Melalui aplikasi ini pelayanan di Rupbasan Kelas I Cirebon tidak menimbulkan kerumunan, karena cukup melalui ponsel," ujar Fajar Nurcahyono Assyifa.

Fajar menyampaikan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Cekatan secara gratis di PlayStore melalui ponsel berbasis android.

Bahkan, cara penggunaannya juga cukup mudah. Bagi aparat penegak hukum yang ingin menitipkan atau mengambil baran dan basan cukup mengunggah berkas yang dibutuhkan melalui aplikasi Cekatan.

Di antaranya, surat pengantar, surat izin penyitaan, surat perintah, data barang tersebut, dan berita acara penyerahan.

Aplikasi Cekatan juga menampilkan berita seputar kegiatan yang dilaksanakan Rupbasan Kelas I Cirebon, dan informasi lainnya.

"Kami berharap kehadiran aplikasi Cekatan bermanfaat bagi masyarakat dan aparat penegakan hukum di wilayah Cirebon dan sekitarnya," kata Fajar Nurcahyono Assyifa.

Baca juga: Tinjau Lapas Majalengka, Kakanwil Kemenkumham Jabar Minta Jumlah Ruang Tahanan Ditambah 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved