Breaking News:

Sholawat Nabi

Lagu Allahul Kafi Masih Tetap Dilantunkan Ibu-ibu di Pengajian, Bisa Diamalkan Kapan & di Mana Saja

Melantunkan sholawat Allahul Kafi juga bisa dilakukan setiap hari sebagai amalan sunah.

Editor: Machmud Mubarok
Surya.co.id
Cuplikan Sholawat Allahul Kafi 

TRIBUNCIREBON.COM - Sholawat Allahul Kafi Robbunal Kafi sempat trending di media sosial Youtube dan TikTok.

Alunan sholawat Allahul Kafi Robbunal Kafi ternyata memang sering terdengar di speaker musala. Mulai dari pengajian ibu-ibu, puji-pujian setelah adzan, hingga acara yang bersifat seremonial, seperti peringatan hari besar Islam dan lain-lain.

Melantunkan sholawat Allahul Kafi juga bisa dilakukan setiap hari sebagai amalan sunah.

Karena  banyak keutamaan yang bisa didapatkan dari mengamalkan Allahul Kafi.

Baca juga: Puluhan Rumah di Padamulya Ciamis Rusak Diterjang Angin Kencang dan Hujan Deras

Baca juga: Akibat Gempa di Malang, Pasutri di Lumajang Meninggal Tertimpa Batu Raksasa, Begini Kronologinya

Dilansir dari Surya.co.id ( Tribuncirebon.com Network), sholawat Allahul Kafi Rabbunal Kafi bermakna tentang mengingat kuasa Allah, yang Maha Mencukupi.

Dikenal dengan sebutan sholawat, Allahul Kafi sebenarnya adalah bacaan hizib autad karya ulama besar Islam, Syekh Abdul Qodir Jaelani.

Hizib autad dipahami dalam teks Indonesia serupa dengan wirid atau zikir, yang bisa dibaca kapan saja atau di momen tertentu saja.

Sementara itu, dikutip dari Islami.co, hizib ( doal sholawat, Allahul Kafi) ini pernah dibagikan oleh K.H Mustafa Bisri atau Gus Mus melalui Instagramnya.

Hizib Autad sendiri merupakan sebuah aurad (bacaan wirid) yang digubah oleh seorang tokoh besar, bahkan disebut sebagai wali kutb, Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Hizib serupa dengan al-thaaifah atau al-jamaah, yakni karena hizib berisi kumpulan sejumlah wirid atau zikir.

Hizib juga mempunyai makna serupa dengan al-silaah, yang berarti sesuatu yang dirutinkan atau didawamkan pada momen-momen tertentu, layaknya alat yang rutin digunakan dalam kesempatan tertentu atau ketika membela diri.

Hizib juga mempunyai makna an-naubah, sebagai istilah orang Arab ketika menyebut sumber air yang hanya muncul di kala waktu tertentu. Layaknya an-naubah, hizib juga kadang dibaca dalam waktu-waktu tertentu saja.

Penjelasan di atas dinukil dari Syamsuddin Al-Fasi dalam kitab Syarh Hizb al-Imam an-Nawawi, dan lebih lanjut dapat dibaca di artikel berikut: Pernah Dengar Istilah Hizib? Apa Artinya?

Dalam unggahannya tersebut, menurut Gus Mus, hizb Allahul kafi rabbunal kafi ini bisa digunakan untuk membentengi diri dari wabah.

Halaman
123
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved