Breaking News:

Virus Corona Mewabah

KABAR GEMBIRA, BUMD Jabar Mulai Sebar Tabung Oksigen, Stok di Rumah Sakit Banyak yang Menipis  

Ridwan Kamil langsung menginstruksikan kepada jajarannya dan BUMD Jawa Barat untuk turun langsung bantu suplai dan distribusi oksigen ke rumah sakit

Editor: dedy herdiana
Tribunjabar.id/Cipta Permana
Ilustrasi: tabung oksigen isi ulang volume satu meter kubik kosong yang berjejer di depan pintu masuk apotek Kimia Farma 43 Buah Batu, Minggu (27/6/2021) 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung menginstruksikan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) Jawa Barat untuk turun langsung membantu suplai dan distribusi oksigen kepada rumah sakit di kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun sudah berkoordinasi dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menambah jumlah tabung oksigen dan mengkoordinasikan distribusinya dengan BUMD. Posko oksigen pun disiapkan untuk didirikan di setiap kota dan kabupaten di Jabar.

Hal tersebut dilakukan berkaitan dengan meningkatnya angka kasus Covid-19 dan membuat rumah sakit kewalahan. Pasokan tabung oksigen seperti biasanya tidak bisa memenuhi kebutuhan pasien.

Baca juga: Pemprov Jabar Dirikan Posko Oksigen di Tiap Kota Kabupaten, Ada Penambahan Ratusan Tabung Oksigen  

Baca juga: Luncurkan Fitur Khusus untuk Warga yang Jalani Isolasi Mandiri, Ini yang Bisa Didapat Dari Pikobar

BUMD Jabar PT Migas Hulu Jabar (MUJ) contohnya, memulai mendistribusikan bantuan tabung oksigen ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/7).

Diketahui, rumah sakit ini sempat mengalami penipisan pasokan oksigen.
“Kita sudah mendistribusikan tabung oksigen kepada Rumah Sakit Cikalong Wetan yang ketersediaannya sudah menipis beberapa hari ini,” kata Direktur PT Energi Negeri Mandiri (ENM) yang merupakan anak perusahaan MUJ, Ruli Adi Prasetia, melalui siaran digital, Senin (5/7). 

Direktur Utama MUJ Begin Troys mengatakan MUJ beserta anak perusahaan PT ENM, MUJ ONWJ bersinergi dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk untuk membantu kebutuhan oksigen di beberapa Rumah Sakit wilayah Jawa Barat

Manajemen SDM, logistik suplai langsung dibentuk. Kehadiran MUJ atas dasar instruksi Ridwan Kamil agar bisa menjaga neraca kebutuhan pasokan tabung oksigen dalam penanganan kasus Covid-19 ini di Rumah Sakit Jawa Barat.

“Kami diminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk juga membantu melihat kebutuhan oksigen yang beberapa hari ke belakang sudah mulai kekurangan. Prinsip kemanusiaan yang diminta oleh Kang Emil kepada kami, akhirnya kami jalankan melalui program CSR perusahaan MUJ Grup,” kata Begin Troys.

Baca juga: 3 RS di Kota Bandung Ini Sementara Tak Layani Pasien Keluhan Sesak Napas, Stok Oksigen Sudah Minim

Berdasarkan kajian awal, permintaan rumah sakit akan tabung oksigen cukup melonjak beberapa waktu ke belakang. Sejak dapur logistik tabung oksigen MUJ dibuka pada Jumat (2/7), beberapa rumah sakit di Jawa Barat mulai mengajukan permohonan kepada MUJ. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved