Breaking News:

Stok Oksigen Menipis, RSUD Lembang Terpaksa Hanya Terima Pasien Covid-19 Bergejala Sedang

RSUD Lembang membutuhkan oksigen sebanyak 93 tabung, sedangkan untuk saat ini pasokan dari distributor oksigen hanya sekitar 30 tabung oksigen.

Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Hilman Kamaludin
RSUD Lembang : Petugas RSUD Lembang saat melakukan pengecekan stok oksigen. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG BARAT - Stok tabung oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang untuk menangani pasien Covid-19 yang membutuhkan bantuan oksigen kian menipis karena pasokan dari distributornya mulai berkurang.

Kasubag Tata Usaha (TU) RSUD Lembang, Aep Pratna Jaya mengatakan, untuk saat ini stok oksigen bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan bantuan pernapasan, hanya tersisa 23 tabung lagi.

"Betul (stok oksigen menipis), jadi sekarang kita hanya menerima pasien Covid-19 yang bergejala sedang," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (4/7/2021).

Setiap harinya, kata Aep, RSUD Lembang membutuhkan oksigen sebanyak 93 tabung berukuran 6 M3, sedangkan untuk saat ini pasokan dari distributor oksigen hanya sekitar 30 tabung oksigen.

Baca juga: UPDATE Persediaan Oksigen di Jabar Ada Daerah yang Kekurangan, Begiin Kata Ridwan Kamil

"Sekarang oksigen susah didapat, memang hal ini terjadi secara nasional karena dari pihak penyedia juga susah," kata Aep.

Dampak dari kurangnya pasokan oksigen tersebut, kata dia, membuat kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19 tidak terpenuhi.

Akhirnya, sebagian pasien yang bergejala berat dan mendesak membutuhkan oksigen harus dirujuk ke rumah sakit lain.

Untuk saat ini, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemprov Jabar agar RSUD Lembang segera mendapat tambahan pasokan oksigen supaya pasien Covid-19 bergejala berat bisa mendapatkan oksigen.

"Kita berkoordinasi dengan BUMD, kebetulan pak Gubernur ada CSR dengan perusahaan. Jadi, kita meminta bantuan melalui PT tersebut," ucapnya.

Menurutnya, bantuan tambahan oksigen ini sangat dibutuhkan oleh RSUD Lembang karena pasien Covid-19 yang mendapat perawatan dan membutuhkan oksigen masih cukup banyak.

"Sekarang jumlahnya (pasien Covid-19) ada 28 orang dengan gejala ada yang sedang dan ada juga yang bergejala berat," ujar Aep.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kuningan Meningkat, Pasokan Tabung Oksigen di RS Linggajati Dihemat

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved