Breaking News:

Viral

Dikejar Anjing Anak Kijang Kecebur Waduk Kebun Raya Kuningan, Video Penyelamatan Viral

Tidak lama melihat kijang terperosok ke Waduk tadi, Asep mengaku bersama warga saat di lokasi melakukan evakuasi.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mumu Mujahidin
ISTIMEWA
penyelamatan anak Kijang di Waduk Kebun Raya Kuningan 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Heboh video aksi penyelamatan seekor Kijang (Muntiacus muntjak) yang tercebur ke dalam waduk oleh para petugas di Kebun Raya Kuningan menarik perhatian warga.

"Betul itu video kami, alasan penyelamatan anak kijang sebab kasihan Kijang kecil itu tak bisa naik," kata Pengelola Kebun Raya Kuningan, Asep Julkarnaen saat memberikan keterangan kepada wartawan, Minggu (4/7/2021).

Dia mengatakan Kijang kecil itu betina diperkirakan berusia sekira 5 bulan.

"Mungkin ada sekitar 5 bulan umur Kijang ini," katanya.

Masuknya ke perairan Waduk siang tadi, kata Asep mengaku sebelumnya melihat anak kijang itu sedang di kejar Anjing sehingga masuk ke perairan kawasan Situ Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, yang masih di lingkungan Kebun Raya Kuningan (KRK).

penyelamatan anak Kijang di Waduk Kebun Raya Kuningan
penyelamatan anak Kijang di Waduk Kebun Raya Kuningan (ISTIMEWA)

"Tadi kami sempat melihat anakan Kijang masuk air itu di kejar-kejar Anjing. Mungkin sebagai usaha penyelamatan atau panik, akhirnya Kijang tercebur ke perairan Situ Padabeunghar," ujarnya.

Disamping itu, masih kata Asep menilai kepanikan yang dirasakan kijang yang disertai kondisi Waduk yang memiliki kemiringan dan licin, akhirnya kijang masuk air.

"Sangat mungkin begini, Situ Padabeunghar ini baru direhab beberapa hari lalu, pinggirannya licin menggunakan geomembran dan sepanjang pinggir waduk belum ada pagar sehingga kondisi licin dan miring itu, kijang kecebur begitu," ujarnya.

Tidak lama melihat kijang terperosok ke Waduk tadi, Asep mengaku bersama warga saat di lokasi melakukan evakuasi.

Baca juga: Detik-detik KMP Yunicee Tenggelam di Perairan, Taufik Loncat ke Tengah Laut, Mengapung di Kegelapan

"Tadi kami evakuasi kijang bareng warga, ketika sudah naik dari perairan tadi. Anak Kijang kami lepasliarkan di alam bebas dan kebetulan disaksikan Babinkamtibmas Desa Padabeunghar dan sejumlah petugas KRK lainnya," ujarnya.

Sekedar informasi, aksi penyelamatan terhadap satwa di perairan Waduk Kebun Raya Kuningan, sebelumnya pernah dilakukan pengelola setempat.

"Dulu kami pernah selamatkan Elang Brontok yang masuk ke air. Saat itu, kami lakukan dengan menggunakan bambu panjang," katanya.

Saat berhasil melakukan penyelamatan, kata dia, Elang Brontok langsung di bebas liarkan di alam.

"Ya, dulu Elang Brontok juga kami lepasliarkan. Sebab mereka pun harus berkembangbiak dan hidup secara alami," ujar Asep seraya mengingat bahwa penyelematan Elang Brontok itu ketika Bulan Februari 2021. (*)

Baca juga: Ikan Raksasa di Waduk Darma Kuningan, Bobot 38 Kg, Panjang 128 Cm, Butuh 30 Menit untuk Menangkapnya

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved