Breaking News:

PPKM di Jabar

Mohon Maaf, Tempat Ibadah Ditutup Dulu Sementara saat PPKM Darurat, MUI Jabar Minta Masyarakat Patuh

MUI Jabar meminta seluruh pihak dan masyarakat menaati aturan PPKM Darurat yang ditetapkan pemerintah.

(Humas Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil shalat saat meninjau Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), Padalarang, KBB, Sabtu (30/5). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Pemerintah resmi memberlakukan PPKM Darurat yang akan berlaku efektif per 3 - 20 Juli 2021. Salah satu aturan terbaru di PPKM Darurat, yakni, tempat ibadah yang ditutup sementara.

Sekretaris Umum MUI Jabar, Rafani Akhyar mengatakan, fatwa MUI terkait hal ini tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dikeluarkan sebelumnya. Apalagi, tempat ibadah ditutup sementara karena meningkatnya kasus Covid-19 bukan yang pertama.

MUI Jabar meminta seluruh pihak dan masyarakat menaati aturan PPKM Darurat yang ditetapkan pemerintah.

Menurutnya, aturan pemerintah tidak akan berarti bila tidak dilaksanakan oleh masyarakat.

"Jadi, sebaiknya kita ikuti saja apa yang menjadi kebijakan pemerintah.  Karena penutupan tempat ibadah sementara juga pernah berlaku sebelumnya. Jadi bukan sesuatu yang baru," ujar Rafani Akhyar saat dihubungi melalui telepon, Kamis (1/7/2021).

Rafani Akhyar meminta masyarakat untuk tidak salah dalam menafsirkan maksud dari kebijakan pemerintah. Apalagi menilai seolah pemerintah melarang orang untuk beribadah.

Malah, menurutnya, kebijakan pemerintah di PPKM Darurat untuk membantu dan mengatur masyarakat tanpa menimbulkan kemadaratan.

"Toh dalam agama Islam itu kan ada istilah rukhsah yang berarti keringanan, jadi ibadah itu upamanya seseorang tidak bisa melaksanakan solat dengan cara berdiri, maka dia boleh duduk, kalau tidak bisa duduk, boleh berbaring kan begitu," kata dia.

Menurutnya, aturan agama tidak akan menyulitkan para pemeluknya, tak terkecuali saat ini. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved