Breaking News:

FAKTA BARU Kasus Ibu Gugat Anak di Majalengka, Tergugat Sebut Penggugat Salah Sasaran

Cahyadi menyampaikan, bahwa gugatan yang disampaikan Sri Mulyani terhadap Ika Wartika bukan kasus perorangan.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Ika Wartika sempat datang ke rumah ibu angkatnya Sri Mulyani untuk meminta maaf terkait kasus yang sedang dihadapi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Sidang perkara gugatan pembatalan akta kelahiran No 41/SAL.1958 tertanggal 5 Maret 1985 atas nama Ika Wartika alias Kwik Gien Nio (63) yang dilakukan ibunya Sri Mulyani alias Kwik Lioe Nio (85) dengan pembacaan Putusan Sela yang disampaikan Majelis Hakim dilanjutkan pada pembuktian perkara, Kamis (24/6/2021).

Digelar di Pengadilan Negeri, Majelis Hakim yang diketuai Kopsah menyebutkan, bahwa dalam praktik pengadilan umumnya pihak yang bersengketa dalam Tata Usaha Negara adalah penggugat melawan pejabat negara saja.

Bahkan sering sekali penggugat tidak mencantumkan orang atau badan hukum yang bukan sebagai pejabat TUN.

Sedangkan, pihak yang bersangkutan didalam perkara itu adalah Sri Mulyani alias Kwik Gien Nio sebagai penggugat melawan Ika Wartika alias Kwik Gien Nio sebagai tergugat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka sebagai turut tergugat.

Sehingga, dari gugatan ini memperlihatkan permasalahan atau sengketa ini bukan ditujukan pada sengketa Tata Usaha Negara, melainkan Sri Mulyani sebagai penggugat.

Selain itu, menunjukkan permasalahan ini hanya kepada Ika Wartika sebagai tergugat.

Namun ditariknya Disdukcapil Kabupaten Majalengka sebagai turut tergugat adalah sebagai syarat formil melengkapi pihak dalam gugatan Penggugat.

Menyikapi putusan sela tersebut, Kuasa Hukum Ika Wartika, Cahyadi, Asep Suangsa dan Wahyu Harmoko mengungkapkan, pihaknya akan mengikuti persidangan selanjutnya dengan menyerahkan bukti-bukti tentang kebenaran formil.

Baca juga: Kasus Ibu Gugat Anak di Majalengka Masuk Tahap Mediasi, Ibu Tetap Ingin Batalkan Akta Kelahiran Anak

Termasuk adanya sejumlah kasus yang sama yang pernah ditangani oleh sejumlah Pengadilan Negeri dan telah memiliki kekuatan hukum tetap yang bisa dijadikan sebagai Yurisprudensi terhadap kasus yang terjadi dan ditangani PN Majalengka.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved