Breaking News:

Usaha Pembuatan Piala di Kuningan Kembang-kempis di Masa Pandemi, Padaha Pernah Bikin Piala Liga 1

Dulu sebelum ada Covid-19, kami selalu kebanjiran order pembuatan piala, dan kami biasa buat piala untuk liga 1 dan liga 2f

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Selama masa Pandemi Covid-19 di Kuningan, pelaku usaha pembuatan piala mengalami jalan yang terjal. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Selama masa Pandemi Covid-19 di Kuningan, pelaku usaha pembuatan piala mengalami jalan yang terjal. Tidak adanya pemesanan pembuatan piala karena tidak adanya kompetisi atau kegiatan lomba yang digelar pemerintah dan swasta, membuat usaha mereka kembang kempis.

Demikian hal itu dikatakan Aripin salah seorang pekerja pembuat piala saat ditemui di Desa Silebu, Kecamatan Pancalang, Kuningan Jawa Barat, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya pembuatan piala ini berbahan utuh dari timah putih dengan konsep pembuatan sesuai dengan pesanan.

"Dulu sebelum ada Covid-19, kami selalu kebanjiran order pembuatan piala, dan kami biasa buat piala untuk liga 1 dan liga 2 bahkan kompetisi dari cabang olahraga lainnya," katanya.

Dalam pembuatan piala ini semua menggunakan perkakas manual dan dikerjakan secara tradisional. "Iya semua di sini masih tradisional bisa dilihat langsung bagaimana membuatnya begini," ujarnya.

Baca juga: Update Desa Miliarder di Kuningan, Ada Sisa 3 Bidang Lahan Belum Dapat Ganti Untung

Baca juga: Polres Kuningan Tangkap Tersangka Sebanyak 33 Tersangka dari 28 Kasus, Kapolres Jelaskan Begini

Nyaris tidak produksi dalam pembuatan piala, kata dia, ini terjadi hampir satu tahun lebih. Adapun sekarang sedang dilakukan juga yaitu pesanan dengan jumlah terbatas.

"Iya usaha kami kembang kempis. Ini baru buat piala setelah dua bulan berhenti. Jadi sekarang tidak menentu dalam produksi piala, seminggu produksi satu hingga dua bulan libur," katanya.

Baca juga: Kuota BOR di RSUD 45 Kuningan Hampir Penuh, Ruang IGD Pun Dijadikan Untuk Perawatan Pasien Covid-19

Untuk memenuhi pesanan, kata dia mengaku bahwa pembuatan piala akan diterima sesuai dengan keinginan konsumen. "Ya kami buat piala, bagaimana pesanan dan bentuk saja. Ada Seperi gelas atau berbentuk mangkuk seperti ini," katanya.

Mengenai harga per unit dalam piala, Aripin mengaku bahwa untuk kondisi harga jual itu relatif dan ini disesuaikan dengan tingkat kerumitan dalam pembuatan. "Ya kalau untuk harga variasi, mulai dari harga Rp 500 ribu hingga juta an pun bisa layani," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved