Breaking News:

Gempa Bumi

Beberapa Jam Lalu Gempa Menggoyang Bengkulu, Ini Sudah Gempa yang Kedua Kali di Pekan Ini

Peristiwa gempa bumi sempat terjadi di Kota Bengkulu pada Kamis (17/6/2021) malam sekira pukul 22.07.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
shutterstock
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG- Peristiwa gempa bumi sempat terjadi di Kota Bengkulu pada Kamis (17/6/2021) malam sekira pukul 22.07.

Dikutip dari situs resmi BMKG, gempa tercatat berkekuatan magnitudo 4.1 dengan lokasi pusat gempa berada di laut di 37 km barat daya Kabupaten Seluma pada kedalaman 25 km.

Skala MMI yang dirasakan II-III di Kota Bengkulu. BMKG juga mengimbau warga untuk waspada jika terjadi gempa susulan.

Adapun dengan MMI II - III ini, gempa bumi di Bengkulu ini, gempa dirasakan beberapa orang hingga benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran gempa bumi juga dirasakan di rumah seakan ada truk berlalu.

Peristiwa gempa bumi di Kota Bengkulu ini kali kedua terjadi pada pekan ini. Sebelumnya pada Selasa (15/6/2021) gempa juga terasa berkekuatan magnitudo 5,2.

Pusat gempa bumi berada di laut dan berjarak 36 km dari arah Barat Daya Kabupaten Seluma.  Kedalaman gempa bumi mencapai 26 km. 

Laporan BMKG, getaran gempa bumi dirasakan dalam skala intensitas III-IV MMI di Seluma, II - III MMI di Kaur dan III MMI di Kota Bengkulu. Kemudian, III MMI di Bengkulu Tengah, III MMI di Kepahiang, II MMI diCurup, II MMI di Liwa, dan II MMI di Argamakmur. 

Perlu diketahui, MMI adalah singkatan dari Modified Mercalli Intensity. Di laman bmkg.go.id, Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi yang diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Baca juga: Hasil Euro 2020 Belgia Taklukan Denmark 2-1, Dua Sosok ini Jadi Penentu Kemenangan

Oleh itu skala Mercalli adalah sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain.

Oleh karena itu, saat ini penggunaan Skala Richter lebih luas digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved