Breaking News:

Bandung Diterjang Hujan Es Ini Penjelasan BMKG, Ini Prakiraan Cuaca Jabar Besok Jumat 19 Juni 2021

Berdasarkan citra awan satelit Himawari BMKG pukul 14.40 WIB, terlihat suhu puncak awan di wilayah Bandung mencapai -75 derajat Celcius

Editor: Mumu Mujahidin
Tribunjabar.id/Nazmi Abdurrahman
Hujan deras yang disertai angin kencang juga menimbulkan hujan es kecil terjadi di wilayah Kota Bandung bagian Timur dan sekitarnya, Kamis (17/6/2021).  

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Hujan dengan intensitas sedang dan lebat, juga sebagian hujan es, terjadi di kawasan timur Bandung, Kamis (17/6).

Berdasarkan citra awan satelit Himawari BMKG pukul 14.40 WIB, terlihat suhu puncak awan di wilayah Bandung mencapai -75 derajat Celcius yang berarti terjadi pertumbuhan awan konvektif yang signifikan.

BMKG pun menyatakan fenonema hujan es (hail) terjadi akibat presipitasi atau (turunnya hujan) yang terdiri dari bola-bola es dengan diameter antara 5-50 mm atau bahkan lebih.

Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfer pada lapisan di atas titik beku (freezing level). 

Awan yang tinggi puncaknya melebihi titik beku ini akan memiliki bagian atas yang suhunya lebih rendah dari nol derajat Celcius, sehingga awan tersebut mempunyai peluang sangat besar memproduksi es. Es yang terbentuk dari proses ini biasanya berukuran cukup besar.

Pada masa pancaroba atau awal pergantian musim biasanya akan terjadi pembentukan awan secara konvektif.

Massa udara basah terangkat ke atas dan membentuk awan yang puncaknya melebihi freezing level dan terjadilah proses pengintian es. 

Maka, bagian atas awan tersebut banyak mengandung es. Saat sudah cukup waktunya untuk hujan,butiran atau bahkan gumpalan es juga ikut jatuh ke permukaan bumi. Akibat ukurannya, walaupun es telah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang relatif hangat tidak semuanya dapat mencair.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, mengatakan hujan es dan hujan lebat yang disertai angin kencang ini dipicu oleh Sirkulasi Eddy.

Baca juga: Hujan Es Disertai Angin Kencang Menerjang Kota Bandung bagian Timur, Sempat Berhenti Lalu Hujan Lagi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved