Breaking News:

Bencana Alam di Sukabumi

Longsor dan Banjir di Sejumlah Tempat di Kota Sukabumi, BPBD Evakuasi Warga yang Rumahnya Kebanjiran

Hujan yang turun dengan intensitas tinggi sejak Jumat (11/6/2021) sore hingga malam menyebabkan banjir dan longsor di Kota Sukabumi

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Tiga rumah di Kampung Situ Gede Rt. 01 Rw. 06 Kelurahan Cipanengah kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan di Wilayah Kota Sukabumi pada dini hari tadi, Sabtu (12/6/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Dian Herdiansyah.

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Hujan yang turun dengan intensitas tinggi sejak Jumat (11/6/2021) sore hingga malam menyebabkan bencana alam di Kota Sukabumi. Banjir dan longsor terjadi di beberapa lokasi.

BPBD Kota Sukabumi, hingga tengah malam tadi menerima tiga laporan masyarakat terkait bencana di Kota Sukabumi.

Sebelumnya akibat hujan deras disertai angin kencang pada Jumat merobohkan rumah milik Ahmad di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole. Laporan bertambah dengan kejadian longsor Talud (Penahan Tanah)  di dua lokasi berbeda.

"Ada dua titik lokasi longsor Talud, yakni di Perum Gading Kencana Rt.07 Rw.15 Kelurahan Karang tengah Kecamatan Gunungpuyuh, dan di Perum Taman Asri Blok B Rt.09 Rw. 14 Kelurahan Subang Jaya," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran R Hidayat, Sabtu  (12/6/2021) dini hari.

Imran menerangkan, peristiwa longsor Talud yang terjadi di Perum Gading Kencana Rt.07 Rw.15 Kelurahan Karangtengah diperkirakan sekitar pukul 16.00 WIB. Sedangkan Perum Taman Asri Blok B Rt.09 Rw. 14 Kelurahan Subang Jaya berdasarkan laporan warga sekitar pukul 22.30 WIB.

"Akibat curah hujan yang sangat tinggi dua Talud di Perum Gading Kencana dan Perum Taman Asri mengalami longsor," ucapnya.

Baca juga: BPBD Indramayu Bakal Luncurkan Aplikasi Si Abah Banyu, Antisipasi Banjir Besar Seperti Tahun Lalu

Baca juga: Tebing Setinggi 10 Meter dan Panjang 38 Meter Longsor di Jalan Nasional Puncak Cianjur

Baca juga: Rumahnya Diterjang Banjir 7 Kali, Warga Karangligar Karawang Ini 4 Kali Beli Kipas Lantaran Rusak

Kendati situasi hujan masih deras, pihak BPBD sudah mengecek kedua lokasi tersebut dan mengevakuasi warga, 

"Tadi petugas di lapangan sidah mengecek dan evakuasi di sekitar longsor, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun kerugian dan wilayah terdampak masih dalam proses penghitungan," ujar Imran. 

Selain longsor, hujan juga menyebabkan banjir di Lembursitu. Sedikitnya tiga rumah di Kampung Situ Gede Rt. 01 Rw. 06 Kelurahan Cipanengah kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi terendam banjir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved