Breaking News:

Info Kesehatan

INI Faktor-faktor Penyebab Kolesterol Tinggi Dilengkapi Cara Pengobatan yang Efektif

hal-hal yang dikategorikan sebagai gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat

Editor: Machmud Mubarok
Dok. Istimewa
Ilustrasi kolesterol: Daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol agar tak membahayakan kesehatan. 

TRIBUNCIREBON.COM - Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup.

Berikut ini adalah hal-hal yang dikategorikan sebagai gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah sebagaimana dilansir dari artikel alodokter.com yang sudah ditinjau dr Tjin Willy:

  • Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Contohnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.
  • Kurang berolahraga atau beraktivitas. Kondisi ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Kebiasaan merokok. Dalam rokok, ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akibatnya, bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Kebisaan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.
  • Obesitas. Seseorang dinyatakan mengalami obesitas saat memiliki indeks massa tubuh di atas 30 (kg/m2), sedangkan ukuran lingkar pinggang dikatakan berlebih saat melewati 102 cm pada laki-laki atau 89 cm pada wanita. Kondisi ini cenderung meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigleserida, serta menurunkan kadar kolesterol HDL.
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal. Mengobati kondisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
  • Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.

Baca juga: Cara Mudah Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh, Konsumsi 6 Jenis Minuman Herbal Ini Secara Rutin

Baca juga: Tak Perlu ke Dokter dan Cek Lab, Ini Cara Mudah Turunkan Kolesterol Jahat, Bisa Dilakukan di Rumah

Baca juga: Enam Minuman Ini Ternyata Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi yang Membahayakan, Berikut Daftarnya

Kondisi lain yang dapat meningkatkan kadar kolesterol adalah faktor genetik yang diturunkan dalam keluarga. Kolesterol tinggi yang disebabkan kondisi genetik (keturunan) disebut dengan familial hypercholesterolaemia (FH).

Kadar kolesterol penderitanya akan tetap tinggi, meski telah mengonsumsi makanan sehat.

Satu dari lima ratus orang mewarisi kondisi ini dari orang tua. Selain itu, memiliki keluarga dengan riwayat kolesterol tinggi juga dapat membuat seseorang lebih berisiko memiliki kadar kolesterol tinggi, meskipun bukan dalam bentuk FH.

Cara Pengobatan Kolesterol Tinggi

Untuk kolesterol tinggi, biasanya dokter akan terlebih dahulu menyarankan pola makan sehat, berhenti merokok atau mengonsumsi alkohol, serta rutin berolahraga.

Secara keseluruhan, konsumsi lemak jenuh harus di bawah 30 gram per hari untuk pria, dan tidak boleh lebih dari 20 gram per hari untuk wanita.

Bagi penderita kadar trigliserida tinggi, disarankan mengonsumsi omega-3 paling tidak 2 kapsul setiap minggu. Namun, konsumsi omega-3 untuk trigliserida tinggi juga masih mememerlukan penelitian lebih lanjut.

Pemberian Obat
Jika dalam beberapa bulan kolesterol tidak kunjung turun, meski Anda sudah mempraktikkan gaya hidup sehat, maka dokter dapat menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved