Breaking News:

Ruang Rawat Pasien Covid-19 di RSUD Al Ihsan Kab Bandung Penuh 100 Persen, Banyak Klaster Keluarga

Keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) untuk pasien Covid-19 di RSUD Al Ihsan di Kabupaten Bandung terisi 100 persen

Freepik
Ilustrasi Covid-19 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) untuk pasien Covid-19 di RSUD Al Ihsan di Kabupaten Bandung sudah terisi 100 persen.

Sebagian pasien Covid-19 datang ke rumah sakit dalam kondisi sudah parah atau kritis.

Dirut RSUD Al Ihsan Dewi Basmala Gatot mengatakan dari 151 tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakitnya, kini semuanya sudah terisi penuh dan 20 orang lainnya masih menunggu untuk screening pada Jumat (11/6) pagi.

Baca juga: Begini Cara Mendeteksi Dini Gejala Covid-19, Cegah Kondisi Semakin Parah Saat Dirawat di Rumah Sakit

Baca juga: 27 Warga Cidadap Bandung Barat Positif Covid-19, Pasien Serentak Alami Batuk dan Flu

"Covid-19 sekarang betul-betul mengerikan. Di Al Ihsan ketersediaannya adalah 151 tempat tidur, saat ini BOR 100 persen. Semua full. Utilitas terpakai semua. Itu juga masih ada 20 pasien di IGD sedang screening untuk menentukan apakah bisa isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit," kata Dewi di Gedung Sate, Jumat (11/6).

Dewi menjelaskan bahwa maksud dari kondisi Covid-19 yang mengerikan tersebut adalah banyaknya pasien yang datang ke rumah sakit dalam kondisi parah atau kritis. Sehingga langsung memerlukan perawatan intensif di ICU.

"Kenapa mengerikan, karena banyak yang datang dalam kondisi buruk, bahkan meninggal di IGD. Dia sudah lama sakit di rumah, tidak terdeteksi, atau terlambat ke rumah sakit," kata Dewi.

Dewi mengatakan RSUD Al Ihsan sudah mengurangi jumlah tempat perawatan kategori hijau atau untuk pasien dengan gejala ringan. Memindahkan pasien di tempat perawatan zona hijau ini ke pusat isolasi mandiri atau isolasi mandiri di rumah.

"Saat ini rumah sakit hanya merawat yang bergejala sedang (ruang isolasi kuning) dan berat (ruang isolasi merah) saja. Sudah dua minggu ini 100 persen terisi," kata Dewi.

Ia pun tengah mempersiapkan penambahan tempat tidur sebanyak 89 tempat tidur lagi dan penambahan 30 orang perawat. Semua sarana dan sumber dayanya sedang dipersiapkan.

Halaman
12
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved